Jubir Covid-19 Sumbar Angkat Suara, Isu Gubernur dan Wagub Positif Corona adalah Hoax


Selasa, 09 Juni 2020 - 10:39:02 WIB
Jubir Covid-19 Sumbar Angkat Suara, Isu Gubernur dan Wagub Positif Corona adalah Hoax Jasman Rizal

HARIANHALUAN.COM - Beredar kabar ditengah-tengah masyarakat bahwa Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Nasrul Abit positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19 setelah beberapa waktu lalu staf ASN kantor gubernur dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar Jasman Rizal angkat suara. Setelah dilakukan tracking dan tindakan tes PCR terhadap lebih 40 orang pernah kontak dan berpotensi terpapar dari ASN positif tersebut. "Berdasarkan hasil pemeriksaan sampel, semua ASN kantor Gubernur yang diambil swabnya hari Minggu kemaren dinyatakan negatif," tegas Jasman, Selasa (9/6/2020).

Berkembangnya isu dan hoaks gubernur dan wakil oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab di media sosial sangat disayangkan oleh Jasman. Secara tegas Jasman membantah isu yang beredar tidak benar, berdasarkan hasil swab yang dilakukan oleh wakil gubernur pada Sabtu dan gubernur pada Minggu kemaren, keduanya dinyatakan negatif.

"Keduanya sehat-sehat saja dan tetap beraktivitas, bekerja keras seperti biasa siang malam tanpa mengenal waktu, tidak mengenal libur," ungkap Jasman

Jasman melanjutkan, benar gubernur dan wagub telah beberapa kali melakukan test PCR. Hal ini dilakukan rutin oleh tim kesehatan untuk cek kesehatan keduanya sangat beresiko tinggi kemungkinan terinfeksi Covid-19.

Sebagai pimpinan di Sumatera Barat, keduanya mempunyai tanggungjawab yang besar terhadap percepatan penanganan Covid-19. Beliau sering memasuki zona berbahaya yang potensial menginfeksi manusia. Seperti ke ruang isolasi, mengunjungi berbagai rumah sakit, pasar-pasar, daerah perbatasan dan lainnya.

"Hal ini beliau lakukan adalah karena rasa tanggunghawab sebagai pemimpin Sumbar. Untuk itu keduanya selalu dilakukan test PCR secara rutin," tambah Jasman.

Dengan keluarnya keterangan resmi ini, artinya telah menjawab secara resmi atas banyaknya isu tidak benar dan tidak bertanggungjawab yang beredar di masyarakat. (*)
 

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]