Anggota DPRD Sumbar Sidak Peternakan di Pasbar, Ada 400 Ekor Sapi Mandul Semuanya


Selasa, 09 Juni 2020 - 12:48:22 WIB
Anggota DPRD Sumbar Sidak Peternakan di Pasbar, Ada 400 Ekor Sapi Mandul Semuanya Anggota DPRD Sumbar, Syamsul Bahri saat melakukan sidak ke UPT Peternakan Sapi di Air Runding, Pasaman Barat.

HARIANHALUAN.COM - Wakil Rakyat Sumbar putra asli Pasaman Barat, Syamsul Bahri lakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke UPT Peternakan sapi di Air Runding, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat, Selasa (9/6/2020). Sidak yang dilakukan politisi PDI Perjuangan ini terkait banyaknya aspirasi publik mengenai kondisi terkini di UPT milik Pemprov Sumbar itu.

“Ternyata, faktanya memang sesuai yang disampaikan masyarakat, pengelolaan UPT Peternakan sangat buruk,” ujar Syamsul Bahri.

Padahal, kata Syamsul Bahri yang juga Ketua Komisi I DPRD Sumbar ini, ada 10 ASN serta 20 tenaga harian lepas (THL) dan empat Satpam yang bertugas mengelola UPT tersebut. “Saat saya ke Air Runding, cuma lima ASN yang masuk dan Kepala UPT-nya hanya tiga hari sebulan masuk kantor,” ujar Syamsul Bahri.

Dia menyebut, pihak UPT Peternakan Air Runding ini harus serius mengelola jika tak ingin hancur. “Gubernur mestinya memberikan kepada orang yang mau kerja keras mengelola aset ini, kalau begini UPT ini akan punah,” ujarnya.

Padahal, UPT ini diadakan untuk menjadi sentral peternakan sapi unggul di Sumbar. “Masa sejak dibuka 2013 lalu dengan sapi 400 ekor, sudah 7 tahun sapinya mesih tetap 400 ekor, ada apa dan aneh ya? Mandul semua sapinya?” ujarnya.

Dalam teori peternak, rakyat saja tujuh tahun sudah beranak pinak itu sapi. “Dengan sapi 400 ekor itu setiap tahun teori kembangbiaknya bisa 200 ekor satu tahun, dikali tujuh tahun mestinya hari ini sudah 1400 ekor sapi di UPT ini,” ujarnya.

Syamsul Bahri berjanji akan membawa ini pada rapat kerja dengan Pemprov Sumbar. “Kalau tidak serius sebaiknya dikelola saja oleh pihak ketiga saja,” ujar Syamsul Bahri. (*)

 Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]