Harap Bersabar, Bansos Tahap II Sedang Diproses Dinas Sosial


Selasa, 09 Juni 2020 - 15:27:46 WIB
Harap Bersabar, Bansos Tahap II Sedang Diproses Dinas Sosial ilustrasi Bansos

HARIANHALUAN.COM - Menjawab pertanyaan beberapa masyarakat mengenai kepastian bantuan sosial kepada terdampak Covid-19 tahap kedua, Kepala Kantor Pos Cabang Padang Sartono menjelaskan saat ini tengah dilakukan proses data ganda oleh Dinas Sosial Kota Padang. Sementara itu, kantor pos diminta menunggu informasi dari Dinsos setempat perihal kelanjutan kesiapan data. 

"Perihal data ganda selanjutnya dilakukan hold pembayaran berdasarkan surat dari Dinsos atau Kelurahan yang bersangkutan," katanya, Selasa (9/6/2020).

Mengenai total dana yang dikembalikan atau dikumpulkan dari data ganda belum bisa disajikan karena masih menunggu beberapa Kelurahan yang akan melaporkan ke Dinsos yang nantinya ditembuskan ke Kantor Pos Padang. "Mungkin informasi lebih lengkapnya mengenai data ganda bisa di komunikasikan langsung kepada Dinsos Kota Padang," ujar Sartono.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Afriadi mengatakan, bantuan sosial tahap kedua ditunda sementara. Penundaan sementara bukan berarti membatalkan pembagian Bansos.  Saat ini, Dinas Sosial sedang mengumpulkan dana ganda yang didapatkan oleh masyarakat. Setelah dana terkumpul maka akan dibawa ke rapat pimpinan dan APD atau tim anggaran.

"Yang berhak memutuskan lanjut atau tidak adalah tim dan Wali Kota, Dinsos hanya bekerja sesuai porsi, memberikan bantuan sesuai data dari pemerintah kota," kata Afriadi, Selasa (9/6/2020).

Dana ganda yang dimaksud Afriadi adalah misalnya dalam satu KK telah mendapatkan bantuan dari kementerian sebesar Rp600 ribu kemudian dapat lagi dari provinsi sebesar Rp1,2 juta, begitupun dengan jenis bantuan lain. Beberapa masyarakat pun takut untuk menerima dana ganda dikarenakan data penerima diatur oleh sistem. 

"Mereka takut akibat ganda tidak mendapatkan bantuan di bulan berikutnya, karena ini bersifat sementara," katanya.

Diakui Afriadi, data ganda disebabkan oleh banyaknya data yang masuk sebelum bantuan disalurkan kepada masyarakat, terdapat beberapa komponen seperti BSM, RT, pendamping UKM dan lainnya. Pengumpulan dana ganda dari masyarakat sebenarnya telah berakhir, namun karena beberapa SPJ banyak yang salah, data tersebut dikembalikan lagi ke lapangan.

"Saat ini sedang menunggu hasil SPJ dari lapangan. Setelah terkumpul nanti kita proses melalui rapat dan secepatnya dibagikan," tutup Afriadi. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]