Jika Terbukti Orang Minang, Ade Armando Terancam Dibuang Sepanjang Adat


Selasa, 09 Juni 2020 - 17:53:34 WIB
Jika Terbukti Orang Minang, Ade Armando Terancam Dibuang Sepanjang Adat Majelis Mahkamah Adat Alam Minangkabau dan Badan Koordinasi Kerapatan Adat Nagari (Bakorkan) Sumbar melaporkan Ade Armando ke Polda Sumbar,

HARIANHALUAN.COM - Selain melaporkan ke Polda Sumbar, Mahkamah Adat Alam Minangkabau sebagai organisasi yang khusus menjalankan program penegakan hukum adat akan menelusuri kebenaran Ade Armando sebagai orang Minang. Imam Majelis Mahkamah Adat Alam Minangkabau, Tuanku Irwansyah mengatakan, pihaknya akan memproses dan menelusuri silsilah Ade Armando.

"Kita akan periksa dan proses dimana sosok jeraminya, dimana kampungnya, siapa ninik mamaknya dan kita akan proses secara hukum adat," ujar Tuanku Irwansyah didampingi Ketua Umum Badan Koordinasi Kerapatan Adat Nagari (Bakorkan) Sumbar, Yuzirwan Rasyid Dt Rajo Tongga, Selasa (9/6/2020).

Ditambahkannya, sama-sama diketahui, bahwa dalam adat memiliki hukum sendiri yakni hukum adat salingka nagarinya yang memiliki tingkatan-tingkatan. Jika terbukti Ade Armando memang orang minang, maka akan diberlakukan hukum tersebut. "Kalau terbukti memang orang Minang, kita akan hubungi ninik mamaknya untuk memberi kabar akan dijatuhi hukuman terhadap yang bersangkutan. Hukum terberatnya adalah dibuang sepanjang adat," terangnya. 

Artinya, sambung Irwansyah, pihak yang bersangkutan tidak lagi memiliki hak harta pusaka, tidak boleh lagi memakai label dan mengaku sebagai orang Minang. "Kalau jadi orang Sumatera Barat boleh, kalau jadi orang Minang. Maka, hilang hak sako pusakonya dan apabila itu tidak diindahkan, maka satu keturunan sampai kapan pun tidak lagi berhak," tegasnya.

Sementara, diketahui oknum Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando dilaporkan ke Polda Sumbar terkait dugaan Tindak Pidana pencemaran nama baik masyarakat Adat Minangkabau oleh Badan Koordinasi Kerapatan Adat Nagari (Bakorkan) dan Mahkamah Adat Alam Minangkabau. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]