Layanan Safe Deposit Box Bank Nagari Cabang Utama Sangat Diminati Nasabah


Selasa, 09 Juni 2020 - 20:01:29 WIB
Layanan Safe Deposit Box Bank Nagari Cabang Utama Sangat Diminati Nasabah Irwan Zuldani, Pemimpin Bank Nagari Cabang Utama

HARIANHALUAN.COM - Layanan Safe Deposit Box/SDB (tempat penyimpanan barang berharga dan dokumen) di Bank Nagari Cabang Utama, ternyata sangat diminati nasabah.  SDB merupakan bagian dari salah satu produk Bank Nagari dalam bentuk produk jasa dan lainnya.

Pemimpin Bank Nagari Cabang Utama Padang Irwan Zuldani kepada Harianhaluan.com baru-baru ini mengatakan, banyaknya peminat SDB terlihat dari penuhnya box SDB yang disewakan tersebut. “Ada sekitar 1.000 box lebih SDB yang kita sewakan. Layanan SDB Bank Nagari memiliki tiga tipe box,” katanya.

Tipe box A memiliki tinggi 6 cm, lebar12,5 cm dan panjang 52cm dengan sewa per tahun Rp400 ribu ditambah PPN Rp40 ribu. Sedangkan untuk tipe B memiliki tinggi 6cm, lebar 25cm, dan panjang 52cm dengan sewa per tahun Rp700 ribu ditambah PPN Rp70 ribu. Kemudian untuk tipe C memiliki tinggi 11cm, panjang 25cm, dan Panjang 52cm dengan sewa per tahunnya yakni Rp1 juta ditambah PPN Rp100 ribu.

“Masing-masing tipe tersebut disesuaikan dengan kebutuhan nasabah akan tetapi di setiap tipe tersebut dikenakan jaminan kunci sebesar Rp1 juta dan jaminan tersebut akan dikembalikan pada nasabah setelah selesai menggunakan layanan tersebut dengan mengembalikan kunci box tersebut.

Irwan menyebutkan orang yang bisa mengakses Safe Deposit Box tersebut adalah orang yang tercatat di dalam tanda tangan kontrak dengan Bank Nagari atau bisa diwakilkan kepada orang lain dengan dibuatkan surat kuasa dari notaris. “Adapun persyaratan menggunakan Safe Deposit Box yakni mengisi permohonan yang ada di Bank Nagari dilengkapi dengan KTP, KK, pas photo, materai Rp6000 dan harus sudah memiliki tabungan di Bank Nagari,” sambungnya.

Untuk membuka Safe Deposit Box harus dilakukan dengan menggunakan dua buah anak kunci, yaitu kunci unit (kedua) yang diserahkan kepada nasabah dan kunci masternya (utama) tetap dipegang bank. Jika salah satu kunci baik yang dipegang oleh bank maupun nasabah hilang maka, Safe Deposit Box tidak dapat dibuka dan harus dibongkar. Namun, di balik keunggulan yang dimiliki Safe Deposit Box), sebagian masyarakat belum mengetahui akan salah satu jasa bank ini,

Apalagi tentang prosedur penyewaan, dan ditambah lagi jasa ini bukan hanya dimiliki oleh satu bank, tetapi hampir semua bank baik itu umum(konvensional) ataupun Bank non-konvensional, sehingga diperlukan pengelolaan yang tepat guna meningkatkan baik itu mutu dan kualitas pelayan sehingga bisa bersaing dengan bank lain nya dalam menarik nasabah guna mendapatkan keuntungan (fee based) yang diharapkan dari jasa SDB.

Lebih jauh dikatakan Irwan, layanan SDB  sangat aman dari perampokan karena memiliki perlindungan berlapis serta juga aman dari kebakaran. (*)

Reporter : Atviarni /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]