8 Tempat di Masjidil Haram yang Menjadi Sebab Doa Diterima Allah


Rabu, 10 Juni 2020 - 07:29:04 WIB
8 Tempat di Masjidil Haram yang Menjadi Sebab Doa Diterima Allah Kakbah. (Foto: The Islamic Information)

HARIANHALUAN.COM -- Inilah delapan tempat di Masjidi Haram yang menjadi sebab doa diterima Allah Subhanahu wa ta'ala. Maka itu, berdoalah di lokasi-lokasi tersebut.

Berikut delapan tempat di Masjidil Haram yang bisa menjadi penyebab doa Muslimin diterima Allah Subhanahu wa ta'ala, sebagaimana dikutip dari The Islamic Information, Rabu (10/6/2020):

1. Makam Nabi Ibrahim

Makam Nabi Ibrahim Alaihisalam adalah tempat suci yang terletak di dalam Masjid Al Haram. Di sini disunahkan melakukan sholat dua rakat. Doa yang dipanjatkan di lokasi ini tidak akan pernah ditolak.

2. Safa dan Marwa

Ini juga merupakan salah satu tempat di Masjidil Haram. Doa akan diterima di tempat ini. Di sini Hajar, ibu dari Nabi Ismail Alaihisalam, berlari mencari air. Membuat doa ketika Sai tidak pernah ditolak. 

3. Di bawah Mizab Ar Rahmah

Talang Emas Kakbah atau Mizab Ar Rahmah terletak di bagian atas, antara Rukun Syami dan rukun Iraqi. Air hujan akan turun dari bangunan Kakbah melalui Mizab Ar Rahmah ke Hijr Ismail.

Orang-orang percaya bahwa air ini penuh dengan berkah dan shifa. Juga diyakini bahwa setiap doa yang dipanjatkan di bawah Mizah Ar Rahmah selalu diterima.

4. Di dalam Kakbah

Diketahui bahwa pintu-pintu Kakbah Suci tidak pernah dibuka untuk umum, hanya orang-orang istimewa yang diizinkan masuk. Doa di dalamnya akan selalu diterima. 

5. Hajar Aswad 

Hajar Aswad atau dikenal juga dengan sebutan Batu Hitam berasal dari surga yang dihadirkan kepada Nabi Ibrahim Alaihisalam agar dapat diletakkan di sudut Kakbah. Jika seseorang mendapat kesempatan mencium batu hitam, doanya akan diterima.

6. Hijir Ismail

Imbalan sholat di Hateem atau Hijir Ismail sama dengan berdoa di dalam Kakbah Suci. Hijer Ismail atau Hateem juga merupakan tempat di Masjid Al Haram yang jika berdoa akan diterima. 

7. Multazam

Ini adalah area yang terletak di samping Hajar Aswad, Pintu Kakbah di sisi lain. Setelah menyelesaikan tawaf, seseorang harus datang ke titik ini dan memanjatkan doa.

8. Mataf

Ini adalah tempat jamaah melakukan tawaf di sekitar Kakbah. Dikatakan bahwa ketika tawaf, semua permohonan akan diterima selama berada di Mataf. (*)

 Sumber : Okezone.com /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]