Amankah Konsumsi Bawang Putih Selama Hamil?


Rabu, 10 Juni 2020 - 08:47:37 WIB
Amankah Konsumsi Bawang Putih Selama Hamil? Ilustrasi bawang putih. Foto: U-Report

HARIANHALUAN.COM -- Kehamilan adalah momen spesial dalam kehidupan seorang wanita. Disitulah waktunya menjaga diri dan kesehatan demi kelangsungan hidup janin yang sedang dalam masa pertumbuhan.
 
Ada banyak yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. Di antara yang paling diperdebatkan adalah bawang putih. Meskipun ini adalah makanan anti-virus yang membawa manfaat besar bagi kesehatan Anda, ada beberapa yang menahan diri untuk tidak makan bawang putih sama sekali. 

Dilansir dari Times of India, berikut ini penjelasan mengenai apakah bawang putih aman atau tidak untuk ibu hamil. 

Bawang putih tidak hanya memasok banyak nutrisi, vitamin, dan mineral untuk tubuh, tetapi juga merupakan obat anti-bakteri alami. Ini menormalkan aliran darah dalam tubuh dan menyeimbangkan fungsi hormon. 

Manfaat makan bawang putih secara teratur juga dijamin selama masa sekarang karena merupakan makanan anti-virus. Ini mengandung allicin, yang secara efektif bekerja dalam memerangi berbagai kuman dan virus dari lorong.

Lalu, apakah bawang putih aman untuk wanita hamil?

Ada makanan tertentu yang disebut sangat bermanfaat selama kehamilan dan beberapa, seperti kafein, yang berbahaya. Bawang putih tidak termasuk dalam kategori mana pun. 

Apa yang terjadi saat mengonsumsi bawang putih selama kehamilan?

Bawang putih memiliki manfaat untuk kekebalan yang sangat baik meningkatkan obat alami. Meskipun bawang putih benar-benar aman selama trimester pertama, wanita hamil harus berhati-hati tentang jumlah yang mereka miliki selama tahap akhir kehamilan, terutama selama bulan-bulan terakhir. 

Mengunyah bawang putih mentah dalam kehamilan adalah sesuatu yang cenderung dihindari oleh banyak wanita.

Bawang putih jika dikonsumsi dalam jumlah kecil benar-benar aman. Namun, karena mengandung sifat pengencer darah yang dapat memengaruhi tekanan darah, memiliki terlalu banyak dapat sedikit menakutkan.

Alasan lain mengapa beberapa orang cenderung menghindari ramuan sama sekali adalah karena rasa dan baunya. Karena sangat pedas, itu bisa membuat sedikit kurang selera dan membuat beberapa wanita mual saat melihatnya. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]