Berawal Ide di WAG, Alumni Thawalib Padangpanjang Kumpulkan Infaq untuk Pembangunan Gedung Pesantren


Rabu, 10 Juni 2020 - 08:52:15 WIB
Berawal Ide di WAG, Alumni Thawalib Padangpanjang Kumpulkan Infaq untuk Pembangunan Gedung Pesantren Ist

HARIANHALUAN.COM -- Para alumni Perguruan Thawalib mengumpulkan dana infaq untuk pembangunan gedung  Thawalib Padang Panjang. Gagasan pengumpulan infaq tersebut muncul dua hari menjelang hari raya Idul Fitri 1441 H lalu dan mendapat tanggapan positif dari berbagai alumni di seluruh Indonesia. Bahkan, masyarakat umum yang bukan alumni ikut serta memberikan infaq.

Gagasan pengumpulan infaq untuk pembangunan gedung Thawalib muncul pertama di media sosial WhatsApp (WAG) alumni Thawalib yang dimotori oleh Kombes Pol. Ricky Yanuarfi yang saat ini menjabat sebagai Dirbinmas Polda Banten.

Inisiatif tersebut langsung mendapat tanggapan dari alumni lain dari berbagai profesi seperti  Edi Fahmi Idrus guru Al-Azhar, Bintaro, Jakarta Selatan, Kamrizal pengelola Pesantren Ar-Risalah, Padang, Dr Desmadi Saharudin dosen UIN Jakarta, H. Delvi pengusaha pakaian di Thamrin City, Jakarta, dan lainnya.

Menurut Ketua Umum Yayasan Thawalib Padang Panjang, Abrar kepada harianhaluan.com,  Rabu (10/6/2020), gagasan spontan  di Grup WA Alumni Thawalib muncul setelah adanya pembicaraan  bagaimana memajukan Thawalib. Salah satu  ide aksi nyata untuk pembangunan gedung Thawalib.

"Dari media sosial tersebut,  ide aksi nyata dari para alumni untuk Perguruan Thawalib dalam bentuk pengumpulan dana infaq,” ujarnya.
 
Pembangunan Gedung

Gagasan spontan dua hari menjelang lebaran tersebut,  mendapatkan tanggapan positif dari para alumni Thawalib lintas generasi di seluruh Indonesia.  Seperti H. Ali Usman Syuib pengusaha bahan bangunan di Padang Panjang,  H. Masri Rinaldi pengusaha di Batam, Prof Dr Amsal Bakhtiar di Kementerian Agama, Dr Gazali di UIN Bukittinggi, Syaflin Chaniago anggota DPRD Kab Agam,  Toyeb Rekembang anggota DPRD Sumatera Selatan, Syukri Ibrahim pengusaha kuliner di Yogyakarta,  Saidul Amin Ketua PWM Muhammadiyah Riau, Deni Al Asy’ari Direktur Utama Suara Muhammadiyah Yogyakarta, M. Luqman di Pesantren  Syahid, Bogor, Abdul Aziz di Pengadilan Agama Pekan Baru,  Afriendi Sikumbang Ketua KPID Sumatera Barat, Fajrul Wadi  UIN Bukittinggi, Budi Djohan dosen Universitas Hamka, Jakarta, Yulius Sikumbang di Malaysia, Syamsuardi di Makasar, Juprimal di Kemenag Payakumbuh, Edy Ridwan di Kemenag Pasaman, Zainal Zahra KUA di Kepulauan Riau, Muslim HM UIN Imam Bonjol.

Alumni lain yang merespon seperti Prof. Faisal, H. Fauzan, Muhammad Natsir dosen, Dr. Efrinaldi UIN Imam Bonjol, Hayatisna May Pelita mubaligh di Medan,  Hamdan Akramullah usahawan, Dr Efendi dosen UIN Padang, Buya Bustanul Arifin, Bahar Karno di Jakarta, Joni Harnedi dosen, Delfian pengusaha di Padang,  Osdi Arman, Basril,  Asmui Lubis, Syafrianus SH, Jonsi Hunadar, Maifal, Rumsin, Suhardiman di Aceh, Yurisman, Zul Azmi guru MAN Koto Baru, Andriyamin di Batam, Mardiaty alumni Thawalib Putri, Syukri Firdaus di Jakarta, Masykurillah, Armen, Rifki Helmi di Bukittinggi, Tasman Firdaus, Afrizal Maswir dan lainnya.

Menurut Abrar, pengumpulan infaq untuk pembangunan Thawalib bukan saja dari para alumni Thawalib, tapi juga dari masyarakat umum. Misalnya, ada alumni Perguruan Diniyah Putri yang menyampaikan infaq.  Dosen UIN Imam Bonjol Padang, Alumni Tarbiyah Pasia, Alumni Parabek dan lainnya.

“Kami sangat senang karena ide pengumpulan infaq juga datang dari masyarakat umum,” katanya.

Saat ini, Yayasan Thawalib tengah membuat disain bangunan gedung tiga lantai yang akan dibangun di kampus Thawalib Putra di Jalan Abd Hamid Hakim No 12 Padang Panjang. Direncanakan gedung dengan ukuran 40 meter X 20 meter tersebut bagian dari  master plan Thawalib yang sedang dikerjakan  tenaga arsitek dan planalogi Universitas Bung Hatta, Padang.

Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan  infaq untuk pembangunan Thawalib,  melalui  Bank BRI Cabang Padang Panjang Nomor Rekening :  0231-01-001009-30-3 atas nama Pembangunan Yayasan Thawalib. Untuk konfirmasi penyaluran infaq  disampaikan ke HP/WA :  081219452567. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]