Siswa Sumbar Kembali Belajar di Sekolah Kemungkinan Mulai Januari 2021


Rabu, 10 Juni 2020 - 09:04:10 WIB
Siswa Sumbar Kembali Belajar di Sekolah Kemungkinan Mulai Januari 2021 Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Barat, Adib Alfikri.

HARIANHALUAN.COM -- Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia membuat beberapa kegiatan masyarakat terhalang. Sebab pemerintah menganjurkan untuk melakukan social dan physical distancing demi mengurangi penularan virus corona.

Penularan virus corona yang cepat membuat proses belajar mengajar tatap muka di sekolah diliburkan. Peserta didik melakukan proses belajar melalui daring dan dalam pengawasan orang tua.

Namun, proses belajar mengajar secara tatap muka tetap dilaksanakan secara daring atau online. Hal tersebut merupakan skenario yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona di lingkungan pendidikan.

Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno dalam keterangannya menuturkan proses belajar secara fisik kemungkinan akan dilaksanakan pada awal Januari 2021. Ia melanjutkan, rapat koordinasi mekanisme penyelenggaraan pendidikan akan dilakukan pada hari Rabu (10/6/2020) bersama bupati dan walikota serta dinas pendidikan masing-masing kota dan kabupaten.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Barat, Adib Alfikri mengatakan pemerintah provinsi dan dinas pendidikan sedang menyiapkan langkah selanjutnya yang akan diambil.

"Kita tunggu saja keputusannya bagaimana, dinas pendidikan dan provinsi sedang menyiapkan bagaimana langkah yang akan diambil," katanya.

Iya melanjutkan, pelaksanaan tahun ajaran baru 2020/2021 akan tetap dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2020 mendatang dan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sumatera Barat direncanakan akan dibuka paling lambat pada 22 Juni mendatang dikarenakan masih menunggu Peraturan Gubernur (pergub) Sumbar.

"Penerimaan Peserta Didik Baru 2020/2021 akan dilakukan secara daring dengan sistem zonasi," tutupnya. (*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]