Dana BLT Dampak Covid-19 di Pasaman Diduga Disunat Oknum Ninik Mamak


Rabu, 10 Juni 2020 - 09:07:06 WIB
Dana BLT Dampak Covid-19 di Pasaman Diduga Disunat Oknum Ninik Mamak Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM -- Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga terdampak Covid-19 di Kejorongan Simpang Tigo, Nagari Sitombol, Kecamatan Padanggelugur, Kabupaten Pasaman, diduga disunat oleh oknum ninik mamak setempat.

Hal itu diungkapkan oleh salah seorang warga penerima manfaat di jorong tersebut. Penerima yang meminta namanya tidak disebutkan ini mengatakan, bahwa dana BLT yang ia dan warga lainnya terima dipotong oleh ninik mamak setempat. Alasannya, untuk dibagikan kepada warga yang belum menerima bantuan bansos sama sekali.

"Ya, dana BLT yang kami terima dipotong sebesar Rp100 ribu per KK penerima manfaat. Tidak hanya bagi penerima BLT dana desa, tapi BLT Kemensos (Pusat) dan Provinsi juga," katanya.

Peristiwa ini pun dibenarkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kabupaten Pasaman, Hasiholan Hutagalung. Ia mengatakan, setelah warga Jorong Simpang Tiga menerima bansos BLT, mereka langsung dipanggil oleh oknum ninik mamak tersebut untuk dilakukan pemotongan terhadap dana BLT yang diterima.

"Setelah warga Jorong Simpang Tiga pulang ke rumah, oleh oknum ninik mamak, warga yang menerima BLT di panggil. Uang di kumpul, lalu oleh oknum ninik mamak baru di bagi," tutur Holan.

Ia mengatakan, bahwa kasus tersebut sudah diselesaikan dengan baik. Pemotongan dana BLT oleh oknum ninik mamak terhadap warga di kejorongan itu bukan kesalahan pihak Pemerintah Nagari Sitombol.

"Itu bukan kesalahan Nagari. Di nagari sudah clear. Warga sudah mengadukan hal itu ke Walinagari setempat," ujarnya. (*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]