Gubernur Irwan Jawab Provokasi Gerindra, PSI Sumbar: Ruqyah Sekalian


Rabu, 10 Juni 2020 - 10:43:53 WIB
Gubernur Irwan Jawab Provokasi Gerindra, PSI Sumbar: Ruqyah Sekalian Wakil Ketua PSI Sumatera Barat, Sukma Trianda Putra.

HARIANHALUAN.COM -- Wakil Ketua PSI Sumatera Barat, Sukma Trianda Putra menanggapi jawaban Gubernur Irwan Prayitno terhadap serangan yang sempat dilakukan oleh Fraksi Gerindra DPRD Sumbar terkait wacana penghapusan BLT (Bantuan Langsung Tunai). Menurutnya, setiap fraksi di DPRD harusnya sudah mendapatkan informasi yang valid.

"Saya duga ini provokasi, sekali lagi saya ulang ini, saya duga, biar dalam suasana keruh bikin orang marah sama pemerintah, saya duga ada yang panas-panasi. Tidak mungkin partai dengan anggota DPRD terbanyak dan punya Wagub tidak bisa tekan Pemerintah Provinsi untuk tahu informasi yang valid. Kan harus ada kontrol. Tiba-tiba bicara informasi yang belum terjamin validitasnya. Sayang sekali DPRD bisa jadi lembaga yang tidak kredibel," kata Sukma, Rabu (10/6).

Menurutnya, jawaban dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sangat jelas. Sukma menilai Pemerintah Provinsi sudah melaksanakan semua kebijakan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Kan Pak Gub sudah bilang, belum ada jukplakjuknis-nya (petunjuk pelaksanaan-petunjuk teknis-red) dari pemerintah pusat. Jadi, wajar semuanya belum dimasukan. Yang sudah jalan, BLT kan sudah dibagikan. Jadi, itu sudah sesuai dengan prosedur. Kalau ada yang mau ributkan, bilang pemerintah ceke (pelit), kasihan saja Pak Gubernur. Beliau sudah bekerja seperti orang gila saya lihat, makin kurus badannya. Harusnya, kita doakan agar Allah menjaga kesehatan Beliau," tambahnya.

Lelaki asal Pariaman ini berharap partai-partai yang ada di DPRD Sumbar tidak banyak bicara politik. Dia ingin setiap partai berkomunikasi dengan baik untuk menjaga situasi semakin kondusif.

"Ini sedang krisis. Harusnya, kita semua sensitif menjaga situasi agar tetap kondusif. Bisa saja ada kerusuhan nanti kayak di Amerika. Jangan karena satu dua hal yang belum dipahami, malah diributkan, dipolitisir. Kalau tidak bisa bertanya baik-baik, saya sarankan Pak IP beri ruqiyah saja sekalian, biar lebih tentram hatinya," tutup Sukma. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]