Cerita MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, Keris Keramat, dan Trah Sunan Kalijogo


Rabu, 10 Juni 2020 - 12:26:40 WIB
Cerita MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, Keris Keramat, dan Trah Sunan Kalijogo Keris komando dari Kerajaan Majapahit abad ke-14 bertakhta intan yang dilaporkan Tjahjo Kumolo ke KPK. (Feri Agus Setyawan/CNN)

HARIANHALUAN.COM - Dua bilah keris menjadi penghias meja kerja Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. Keris berukiran huruf Arab itu cuma sebagian dari koleksi keris dan berbagai senjata dari berbagai daerah di Nusantara. Semua diperoleh Tjahjo tanpa membeli. 

Ia mengaku sebagian koleksi yang didapat sejak masih mahasiswa di Semarang, selain merupakan pemberian orang lain, percaya atau tidak, ada yang muncul begitu saja secara gaib.

"Saya suka berburu di tempat-tempat keramat. Semua makam para sunan (Walisongo) sudah semua (dikunjungi dan menjadi tempat semedi). Paling banyak ya di makam Sunan Kalijaga (di Kelurahan Kadilangu, Kabupaten Demak) karena saya masih trahnya," tutur Tjahjo dilansir dari detikcom, Senin (8/6/2020).

Koleksi keris di kediamannya ada lebih dari seratus buah yang berasal dari Kerajaan Kediri, Singosari, Mataraman (Yogyakarta dan Solo), hingga Madura dan Bali. "Yang punya lengkap itu teman saya, Pak Fadli Zon. Dia punya keris Minangkabau dan daerah lain di Sumatera. Saya punya juga keris (dari) Makassar," ungkap mantan Sekjen PDI Perjuangan itu.

Sebelum resmi menjadi koleksi pribadinya, pada 4 Juni 2018, Tjahjo Kumolo pernah melaporkan keris komando bertakhta intan dari masa Majapahit di abad ke-14 yang diterimanya ke KPK. Bersama koleganya sesama kolektor, setiap 1 Suro dia biasa menggelar acara khusus untuk membersihkan keris. "Saking banyaknya ya nggak mungkin kan saya membersihkannya sendiri," ujar Tjahjo.

Selain keris, yang menjadi koleksi di rumahnya di kawasan Jalan Potlot, Kalibata, adalah foto-foto jadul, lukisan, dan ribuan buku. Sebagian buku terlihat menumpuk di rak dan meja di ruang kerjanya. "Ini koleksi selama menjadi Mendagri. Kalau tertarik silakan ambil saja," ujarnya sambil menunjuk tumpukan buku di depan meja kerjanya. (*)

loading...
 Sumber : detik.com/CNN Indonesia /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]