Permohonan Jadi Tahanan Kota Muzni Zakaria Ditolak Hakim 


Rabu, 10 Juni 2020 - 16:05:08 WIB
Permohonan Jadi Tahanan Kota Muzni Zakaria Ditolak Hakim  Terdakwa Muzni Zakaria usai menjalankan sidang dakwaan dan dibawa ke Lapas Polda Sumbar.

HARIANHALUAN.COM - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Klas 1A Padang tolak permohonan Penasehat Hukum (PH) terdakwa Bupati non aktif Muzni Zakaria dari tahanan rutan menjadi tahan kota.

Sementara terdakwa diduga telah menerima suap dari pengusaha dalam proyek pembangunan Jembatan Ambayan, dan pembangunan Masjid Agung. Dalam dakwaan, terdakwa diduga menerima uang sebesar Rp125 juta dan karpet masjid senilai Rp50 juta serta uang pinjaman Rp3,2 miliar dari pengusaha terkait.

"Tahanan kota tidak bisa dikabulkan tetap tahan rutan. Namun kerutan Anak Aie mungkin tidak bisa dan kalau ditempatkan dimuaro dan polda diserahkan kepada Jaksa.," sebut Ketua Hakim, Yose Rizal, didampingi M. Takdir dan Zalekah, Rabu (10/6/2020).

Sementara PH terdakwa, David Fernando Cs menyampaikan alasan permohonan status tahanan rutan menjadi tahanan kota. Kemudian terdakwa dalam persidangan selanjutnya akan bersifat kooperatif.

"Demi kelancaran persidangan, bahwasanya kapasitas lapas Polda Sumbar terlalu banyak, apalagi klien kami ini juga memiliki riwayat penyakit dan sudah dipasang ring pada jantungnya," sebut David.

Jadi, sambung David, kepada majelis hakim diminta untuk memindahkan terdakwa ke Lapas Muaro agar kondisinya bisa stabil demi kelancaran proses persidangan selanjutnya.

"Untuk permohonan itu memang telah kami sampaikan dan tinggal proses administrasinya saja," tutupnya. (*)

 

loading...
Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 24 Juli 2019 - 23:38:32 WIB

    DPR  Setujui Permohonan Amnesti  Baiq Nuril

    DPR  Setujui Permohonan Amnesti  Baiq Nuril JAKARTA,HARIANHALUAN- Akhirnya permohonan amnesti Baiq Nuril Maknun disetujui Komisi III DPR. Besok dirinya tinggal menunggu pembacaan di sidang paripurna DPR..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]