Indonesia Segera Menguji Vaksin Covid-19


Rabu, 10 Juni 2020 - 20:03:05 WIB
Indonesia Segera Menguji Vaksin Covid-19 ilustrasi vaksin Covid-19

HARIANHALUAN.COM - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang PS Brodjonegro mengungkapkan, vaksin Covid-19 akan segera diuji oleh beberapa perusahaan mulai Juni 2020. Salah satunya, Bio Farma yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Vaksin Covid-19 yang akan diuji dibuat dari virus Corona yang sudah dilemahkan atau dimatikan.

Vaksin merupakan vaksin DNA yang akan diujicobakan ke manusia untuk mengetahui efektivitas dan keamanannya dalam mencegah Covid-19. Pemerintah berupaya menemukan vaksin lebih cepat untuk mencegah masyarakat Indonesia kesulitan mendapatkan vaksin. “Biofarma dan Sinovac dari China sudah akan masuk untuk tahap uji klinis vaksin Covid-19 di Indonesia,” kata Menristek, Rabu (10/6/2020).

Sementara itu, perusahaan yang akan menguji vaksin tersebut yakni, Bio Farma, Biofarmasi Sinovac asal China, PT Kalbe Farma Tbk dan Genexine asal Korea Selatan. Nantinya pemerintah Indonesia akan bisa membuat dan memproduksi vaksin sendiri secara mandiri, kemudian mengembangkan dan memproduksi vaksin bersama dengan pihak luar (selama proses produksi).

Selain itu, Indonesia sedang mengembangkan vaksin sendiri secara mandiri yang dipimpin oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman. Vaksin yang dikembangkan berbasis protein rekombinan. Transfer teknologi hanya akan terjadi di tahap produksi vaksin, bukan di pengembangan karena perusahaan Indonesia telah membuat sendiri bibit vaksin berdasarkan virus yang beredar di Tanah Air.

Untuk itu, bibit vaksin yang dikembangkan secara mandiri ini ditarget bisa diperoleh pada tahun 2021 mendatang. Saat ini, perusahaan Indonesia masih dalam tahap mengidentifikasi protein yang akan diujicobakan di virusnya. Sementara, imunisasi masyarakat dengan menggunakan vaksin Covid-19 ditarget bisa mulai dilakukan pada tahun yang sama, yakni tahun 2021. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]