Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Ribuan Warga Dharmasraya Ikut Full Swab Test


Rabu, 10 Juni 2020 - 22:35:37 WIB
Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Ribuan Warga Dharmasraya Ikut Full Swab Test Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

HARIANHALUAN.COM - Tak kurang sebanyak 1.500 orang warga Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menjalani pengujian penuh cairan hidung dan tenggorokan atau Full Swab Test. "Upaya ini dilakukan pemerintah guna memastikan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah ini terlaksana dengan baik," ungkap Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Rabu (10/6/2020).

Sehingga, upaya menekan resiko penyebaran pada zonasi penyebaran virus tersebut dapat diukur lebih dalam dan valid. Kegiatan tersebut juga diarahkan sebagai tolok ukur pemetaan dan upaya pencarian mendalam guna memastikan apakah masih ada warga yang terpapar virus itu atau tidak.

Langkah tersebut, ulasnya, akan dijadikan dasar dalam menentukan langkah-langkah penerapan program kenormalan baru disamping sebagai upaya percepatan penanggulangan dan pemulihan kegiatan sosial masyarakat yang sudah mulai dibuka secara perlahan sejak Senin (8/6/2020) lalu.

"Namun, semuanya tetap membutuhkan kesadaran bersama dalam menerapkan standar protokol kesehatan seperti tetap menggunakan masker saat berada di luar rumah, sering-sering mencuci tangan pakai sabun atau menggunakan cairan hand sanitizer serta selalu menjaga jarak fisik yang aman dimanapun berada," imbaunya.

Sementara itu, salah seorang warga peserta Swab Test Massal tersebut, Nurhayati (51) mengaku senang dengan upaya yang dilakukan pihak pemerintah setempat. "Kami berharap program ini dapat mengembalikan rasa keamanan masyarakat yang setiap hari selalu dirundung kekhawatiran akan terinfeksi," ungkapnya.

Masyarakat berharap upaya ini bisa terus dilanjutkan sampai keadaan benat-benar dinyatakan aman dan seluruh korban serta masyarakat terdampak pandemi bisa kembali menjalankan aktifitas seperti biasa. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 11:46:00 WIB

    Pasca Longsor, Akses Simaka Kembali Terputus

    Pasca Longsor, Akses Simaka Kembali Terputus HARIANHALUAN.COM - Akses jalur Sicincin-Malalak-Balingka (Simaka) tepatnya di Batu Apik, Jorong Limo Badak, Nagari Malalak Utara, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, kembali terputus..
  • Senin, 15 Juni 2020 - 15:56:14 WIB

    Tim Medis Putuskan Jeda Pemeriksaan Bagi Harimau Liar Asal Kubung Solok

    Tim Medis Putuskan Jeda Pemeriksaan Bagi Harimau Liar Asal Kubung Solok HARIANHALUAN.COM - Petugas medis kehewanan di Pusat Rehabiliasi Harimau Sumatra Dharmasraya (PR-HSD), Sumatera Barat, memutuskan memberi jeda istirahat terhadap seekor Harimau Sumatra (Pantera Tigris Sumatrae) betina yang ber.
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 20:12:54 WIB

    Kota Pariaman Putuskan Perpanjang PSBB Selama 14 Hari

    Kota Pariaman Putuskan Perpanjang PSBB Selama 14 Hari HARIANHALUAN.COM -- Meskipun Sumatera Barat (Sumbar) termasuk salah satu dari empat provinsi yang dipersiapkan untuk New Normal di Indonesia. Namun dipastikan Kota Pariaman akan memperpanjang masa PSBB hingga dua minggu ke de.
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 16:04:37 WIB

    Golkar Dharmasraya Gotong Royong Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

    Golkar Dharmasraya Gotong Royong Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19 HARIANHALUAN.COM -- Ketua umum DPP Partai Golkar Ir. Airlangga Hartarto, bantu RSUD Sungai Dareh dan Puskesmas yang ada di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, melalui DPD II Partai Golkar Kabupaten Dharmasraya yang diterim.
  • Sabtu, 25 April 2020 - 18:12:16 WIB

    Putus Penyebaran Corona, Pasar Mingguan Lumpo Ditutup

    Putus Penyebaran Corona, Pasar Mingguan Lumpo Ditutup PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintahan Nagari yang ada di wilayah Lumpo Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan sepakat melakukan menutup sementara aktifitas Pasar Lumpo. Ini guna untuk memutus mata rantai penyebaran virus Coron.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]