Berikut Tips Berbelanja Aman ke Pasar saat Pandemi Covid-19


Kamis, 11 Juni 2020 - 06:40:23 WIB
Berikut Tips Berbelanja Aman ke Pasar saat Pandemi Covid-19 Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - KASUS positif corona di Indonesia terus meningkat. Data terakhir yang dikeluarkan BNPB per Rabu 10 Juni 2020, kasus positif telah menyentuh angka 34.316 kasus, dengan 12.129 di antaranya dinyatakan sembuh dan 1.959 dilaporkan meninggal dunia.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Dokter Reisa Broto Asmoro kembali mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga pola hidup sehat dan bersih. Salah satunya saat hendak berbelanja di tempat-tempat umum seperti pasar dan supermarket.

pasar

Dokter Reisa mengimbau agar tetap memerhatikan protokol-protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah, WHO, dan Kementerian Kesehatan. Dimulai dari menjaga jarak sosial dan fisik, mengenakan masker bila berada di luar rumah, serta rutin mencuci tangan.

"Bagi masyarakat yang terpaksa berbelanja di supermarket maupun pasar, disarankan untuk membawa tas atau kantung belanja dari rumah. Gunakan bahan yang dapat dicuci, agar dapat memastikan kebersihannya," ungkap Reisa dalam konferensi pers di BNPB, Rabu (10/6/2020).

Selain itu, selalu perhatikan kebersihan diri ketika berada di tempat-tempat umum. Hindari memegang benda-benda yang digunakan oleh orang banyak seperti gagang pintu, pegangan tangga, tombol lift, dan lain sebagainya.

Bila perlu siapkan hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 70%, untuk membersihkan tangan bila terpaksa memegang benda-benda tersebut.

Tips ini juga berlaku saat Anda memegang uang atau struk yang berasal dari orang lain.

"Ingat, selalu cuci tangan setelah memegang uang dan struk yang berasal dari orang lain. Pastikan tidak memegang wajah dan tubuh sebelum mencuci tangan," tutup Dokter Reisa Broto Asmoro.
 

Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]