Mandi Air Dingin di Pagi Hari Bisa Tingkatkan Imun Tubuh? Ini Penjelasannya


Kamis, 11 Juni 2020 - 06:47:19 WIB
Mandi Air Dingin di Pagi Hari Bisa Tingkatkan Imun Tubuh? Ini Penjelasannya Ilustrasi mandi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Udara pagi hari yang sejuk adalah sumber kebahagiaan. Hadirnya cahaya matahari yang tidak terlalu panas membuat tubuh jadi bersemangat.

Salah satu upaya untuk membuat tubuh menjadi lebih segar sepanjang hari dengan mandi di pagi hari. Tujuan dari mandi yaitu untuk membersihkan diri, melepas penat, menghilangkan keringat dan kotoran. Ternyata aktivitas mandi air dingin di pagi hari banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita lho.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut beberapa manfaat mandi air dingin di pagi hari.

1. Meningkatkan sistem imunitas
Mandi sebelum subuh mampu meningkatkan gerakan limfatik. Kinerja limfatik merupakan gerakan sel darah putih dalam melawan berbagai infeksi serta virus di dalam tubuh.

Jadi dengan mandi air dingin secara teratur dapat meningkatkan kadar sel darah putih. Dengan produksi sel darah putih yang melimpah inilah ketahanan tubuh kamu terhadap penyakit juga akan semakin kuat, karena fungsi sel darah putih akan melawan penyakit yang masuk ke tubuh dan berdampak pada imunitas tubuh yang kuat.

2. Bagus untuk kesehatan rambut
Tak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, untuk kamu yang rajin mandi pagi ternyata sangat bermanfaat pada kesehatan rambutmu. Mandi pagi dengan air dingin membuat rambut jadi sehat dan memperkuat akar rambut sehingga terhindar dari kerontokan.

Tak hanya itu, menyiram air dingin pada bagian atas hingga bawah tubuhmu dapat melembabkan serta mengencangkan pori-pori kepala, sehingga memperlancar aliran darah.

3. Meningkatkan kesuburan
Mandi pagi sebelum subuh ini ternyata juga bisa meningkatkan kesuburan. Pemicu produksi hormon testosteron pria dan hormon estrogen perempuan salah satunya adalah dengan mandi pagi.

Dengan produksi hormon yang baik dapat meningkatkan kesuburan reproduksi pria dan wanita. Nah, hal itu sangat berpengaruh untuk laki-laki. Di mana produksi sperma laki-laki secara signifikan dapat meningkat setelah usai membersihkan tubuh di pagi hari.

4. Atasi depresi
Manfaat lainnya dari mandi sebelum subuh juga dapat mengatasi depresi, hal itu terjadi karena oksigen mengalir lancar ke seluruh bagian tubuh. Kebutuhan oksigen yang sudah terpenuhi inilah membuat tingkat stres berkurang.

Selain itu, tubuh yang mendapat pasokan oksigen dalam jumlah yang banyak akan mengurangi tingkat depresi pada seseorang.

5. Memperlancar sirkulasi darah
Mandi dengan air dingin di pagi hari tentunya memberi dampak menyegarkan, sehingga tubuh kamu jadi lebih terjaga. Dengan suhu air dingin air maka akan mengejutkan tubuh dan memicu peredaran darah ke seluruh tubuh lebih cepat.

Jadi jika kamu mandi air dingin juga dapat membuat sistem sirkulasi lebih efisien dan membantu darah bergerak dengan lebih cepat ke seluruh tubuh. Otomatis dengan rutin mandi di pagi hari bisa mengurangi risiko darah tinggi. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]