Pekan Depan Pelatnas Tenis akan Kembali Dimulai


Kamis, 11 Juni 2020 - 06:54:47 WIB
Pekan Depan Pelatnas Tenis akan Kembali Dimulai Ilustrasi tenis

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Pelatnas tenis akan kembali dimulai pekan depan di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta. Sebelumnya, para atlet yang biasanya berlatih di Senayan itu terpaksa harus latihan mandiri di rumahnya masing-masing.

"Kemarin ada latihan di perumahan di PIK. Tapi sekarang kan PSBB sudah selesai (masa transisi). Kami sudah mencoba dan pekan depan bisa latihan di Senayan lagi," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Lapangan Indonesia (PP Pelti) Rildo Anwar mengatakan saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Rabu (10/6).

Keputusan untuk kembali menggelar pelatnas diambil Pelti sebab induk organisasinya itu sudah rampung menyusun protokol kesehatan yang akan dijadikan pedoman bagi para atlet ketika kembali memulai latihan nanti.

Sementara itu, Kemenpora hingga kini masih merumuskan protokol kesehatan umum yang akan menjadi pedoman untuk memulai kembali kegiatan olahraga nasional. Namun aplikasi secara khusus tetap diserahkan kepada tiap-tiap induk cabang olahraga.

KONI juga sebelumnya menyatakan bahwa kegiatan olahraga tahap awal hanya akan berfokus pada kegiatan olahraga perorangan, dan belum mengakomodir olahraga beregu.

Tenis menjadi salah satu cabang olahraga yang memungkinkan untuk kembali dilaksanakan di tahap awal karena minimnya kontak fisik serta bisa diterapkan aturan jaga jarak antarpemain.

Sejumlah cabang olahraga, seperti bulu tangkis, angkat besi, dan menembak memang masih terus menjalani kegiatan pelatnas di tengah pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara sebagian cabang olahraga lainnya, seperti atletik, karate, dan taekwondo tidak mau ambil risiko sehingga memilih untuk mengembalikan atletnya dan berlatih secara virtual.

Adapun tenis, menurut Rildo, sulit apabila harus dilakukan sendiri tanpa lawan tanding, sehingga ia merasa keputusan untuk menggelar pelatnas pekan depan sudah tepat. Apalagi, PP Pelti juga mempunyai target besar demi bisa meloloskan petenis di sektor ganda pada Olimpiade Tokyo tahun depan.

"Tidak mungkin anak-anak tidak latihan karena kalau hanya shadow tennis itu tidak mungkin. Dia mesti di lapangan. Kita juga sudah mengeluarkan (panduan) bagaimana cara bermain tenis dengan aman," ujarnya.(*)

 Sumber : Republika /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]