Hafal 6 Juz Alquran, Dapat Beasiswa Masuk Perguruan Thawalib Padang Panjang  


Kamis, 11 Juni 2020 - 08:13:28 WIB
Hafal 6 Juz Alquran, Dapat Beasiswa Masuk Perguruan Thawalib Padang Panjang   Santri Perguruan Thawalib Padang Panjang

HARIANHALUAN.COM - Untuk Tahun Ajaran 2020/2021 Penerimaan Santri Perguruan Thawalib Padang Panjang, Yayasan Thawalib mengeluarkan kebijakan pemberian beasiswa bagi calon santri yang hafal 6 juz Alquran.  Ketentuan ini berlaku bagi yang masuk jenjang pendidikan Tsanawiyah dan jenjang pendidikan Aliyah.

Demikian disampaikan Ketua Yayasan Thawalib Padang Panjang Dr. Saiful Amin kepada harianhaluan.com, Kamis (11/6/2020). Menurut dia, hafal Alquran merupakan bagian dari Visi Misi Yayasan Thawalib bagi santri yang mengenyam pendidikan di Perguruan Thawalib. “Untuk tahun ajaran baru 2020/2021 kita berikan beasiswa bagi calon santri yang hafal Alquran,” ujarnya.

Ketentuan calon santri baik laki-laki maupun perempuan yang memperoleh beasiswa biaya masuk Perguruan Thawalib adalah, calon santri telah hafal Alquran minimal 6 juz. Kemudian, hafal Alquran tersebut dibuktikan dengan adanya sertifikat atau piagam yang dikeluarkan oleh instansi atau lembaga secara sah.

Kata Saiful Amin, umumnya anak-anak yang sudah hafal Alquran baik waktu sekolah tingkat sekolah dasar maupun sekolah tingkat Tsanawiyah/SMP sering mengikuti perlombaan hafal al-Quran. Dan setiap perlombaan umumnya dikeluarkan sertifikat atau piagam bagi peserta.

“Jadi persyaratan adanya piagam atau sertifikat diperoleh oleh anak anak yang hafal al-Quran,” jelasnya.
Persyaratan selanjutnya, bagi yang hafal al-Quran tersebut, nantinya akan dites langsung oleh panitia PPDB Perguruan Thawalib, sehingga bisa dipastikan bahwa calon santri memang hafal al-Quran sebagai persyaratan memperoleh beasiswa masuk Perguruan Thawalib.
 
Beasiswa Hafal Alquran

Menjawab pertanyaan beasiswa seperti apa diberikan bagi calon santri yang hafal 6 juz al-Quran, kata Saiful Amin, pemberian beasiswa berupa keringanan biaya masuk sebesar 50 % untuk biaya PPDB Perguruan Thawalib Padang Panjang. “Kami berikan beasiswa 50 % biaya masuk PPDB tahun ajaran 2020/2021,” katanya.

Untuk tahun ajaran baru 2020/2021 Perguruan Thawalib telah membuka pendafaran penerimaan santri baru. Pendaftaran bisa dilakukan melalui online dengan cara membuka website : www.thawalibpadangpanjang.sch.id lalu klik PPDB. Kemudian bagi telefon selular android bisa mendaftar dengan buka playstore lalu install : Thawalib Padang Panjang.

Untuk biaya PPDB  yakni meliputi biaya sarana prasarana, perlengkapan tinggal di asrama seperti tempat tidur, kasur dan lemari, biaya pakaian seragam, uang pangkal,  uang kegiatan serta termasuk biaya awal masuk sekolah nanti yakni uang SPP, uang katering, uang laundry dan uang asrama, maka untuk tingkat Tsnawiyah sebesar Rp 10.480.000 dan untuk tingkat Aliyah sebesar Rp 10.980.000.

Menurut Saiful Amin, bagi calon santri yang hafal 6 juz al-Quran, maka diberikan beasiswa 50 % dari biaya PPDB yang telah ditetapkan tersebut.  Untuk masuk Tsanawiyah hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.240.000,- dan untuk masuk tingkat Aliyah dikenakan biaya sebesar Rp 5.490.000.

Adanya kebijakan pemberian beasiswa ini, karena sejalan dengan visi misi Yayasan Thawalib yakni para santri Perguruan Thawalib harus hafal al-Quran. Untuk merealisasikan  hal ini, ada divisi khusus markaz Tahfiz Quran yang membina seluruh santri untuk belajar tahfiz Quran.

Seluruh santri Perguruan Thawalib, selama dua malam dalam satu pekan belajar tahfiz quran di asrama Thawalib dengan mendatangkan tenaga pengajar khusus tahfiz Quran. Dengan belajar tahfiz Quran secara intens tersebut, maka target yang ditetapkan bagi lulusan Tsanawaiyah Thawalib minimal nantinya sudah hafal 4 juz al-Quran. Sedangkan bagi lulusan Aliyah atau Kuliyatul Ulum El-Islamiyah Thawalib ditargetkan hafal 6 juz al-Quran.

Kegiatan belajar malam tahfiz quran wajib diikuti oleh seluruh santri yang dilaksanakan habis shalat Isya sampai pukul 21.30 wib. Kegiatan belajar dilaksanakan di ruangan kelas.(*)

 Sumber : rilis /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]