Minat dan Perilaku Wisatawan Berubah Pengaruh Covid-19, Industri Pariwisata Harus Jeli


Kamis, 11 Juni 2020 - 08:40:45 WIB
Minat dan Perilaku Wisatawan Berubah Pengaruh Covid-19, Industri Pariwisata Harus Jeli Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pandemi COVID-19 dipastikan akan membawa perubahan besar terhadap minat wisatawan yang nantinya akan lebih mengedepankan aspek keamanan dan kesehatan sehingga harus benar-benar dapat diantisipasi oleh seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan juga ekonomi kreatif.

Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf Agustini Rahayu, Kamis, mengatakan baik pemerintah, pelaku usaha, maupun pemangku kepentingan lainnya harus mampu beradaptasi, menciptakan inovasi dan meningkatkan daya saing sebagai respons terhadap perubahan.

"Akan terjadi perubahan perilaku yang mendasar dari wisatawan. Nantinya wisatawan akan lebih mengedepankan faktor kebersihan, kesehatan dan keselamatan serta keamanan sehingga industri harus dapat beradaptasi untuk dapat meyakinkan konsumennya bahwa fasilitas mereka dapat memenuhi faktor dimaksud," kata Agustini Rahayu.

UNWTO menyatakan kini saatnya untuk melakukan peninjauan ulang terhadap standarisasi pariwisata melalui pedoman global pembukaan kembali fasilitas pariwisata yang mereka sebut Global Guidelines to restart tourism. Organisasi itupun telah merilis pedoman yang dijadikan acuan industri pariwisata terkait perubahan perilaku wisatawan secara umum.

Dari sisi akomodasi misalnya, preferensi wisatawan akan berubah dari yang semula mencari akomodasi yang menawarkan harga promo/budget hotel ke hotel-hotel yang mengutamakan aspek higienitas. Kemudian dalam transportasi, penerbangan langsung atau maksimum satu kali transit akan menjadi preferensi utama wisatawan. Aktivitas wisatawan juga akan lebih ke luar ruang dengan pilihan udara sejuk, self-driving, dan private tour.

"Industri mungkin diawal akan melakukan penyesuaian harga karena harus memenuhi standar yang dibutuhkan dan wisatawan akan membayar. Meski nantinya seiring berjalan waktu juga akan ada penyesuaian dari sisi bisnis," kata Agustini Rahayu.

Untuk itu, kata dia, Kemenparekraf telah menyiapkan program Cleanliness, Health and Safety (CHS) yang akan jadi pedoman bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Namun protokol tersebut nantinya akan dikeluarkan melalui Peraturan/Keputusan Menteri Kesehatan dalam waktu dekat. Protokol kesehatan harus diharmonisasikan dengan Kementerian/Lembaga lain agar tersinergi baik.

Setelah itu pihaknya baru akan melakukan pendampingan kepada industri, termasuk pelatihan pekerja pariwisata di setiap destinasi dan diaplikasikan. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat final agar kita bisa segera disosialisasikan," kata Agustini Rahayu.

Sementara itu Director of Marketing Communications The Westin Resort Nusa Dua Bali Dewi Anggraini mengatakan pihaknya telah bersiap untuk memasuki tatanan kenormalan baru pariwisata. Selama ini pihaknya benar-benar mempersiapkan dan menjadikan situasi yang lesu akibat COVID-19 ini sebagai tantangan.

The Westin Resort Nusa Dua Bali telah menyiapkan protokol yang akan diterapkan pada setiap aspek, mulai dari lobi, kamar, restoran, hingga tempat pertemuan.

"Kami sudah melakukan set up untuk new normal dan beberapa hal yang harus diperhatikan. Semua itu secara intens kami komunikasikan ke publik sehingga kami harapkan bisa menjaga kepercayaan di mata masyarakat," kata Dewi. Untuk itu pihaknya berharap implementasi normal baru dapat segera berjalan dan industri kembali bergeliat.(*)

 Sumber : Antara /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 17:50:48 WIB

    Tingkatkan Minat Pengunjung, Objek Wisata Talao Pauh Siapkan Wahana Baru

    Tingkatkan Minat Pengunjung, Objek Wisata Talao Pauh Siapkan Wahana Baru HARIANHALUAN.COM - Objek Wisata Talao Pauh di Kota Pariaman segera dilengkapi dengan dua unit air mancur di tengah talao guna menjadikannya semakin menarik dan indah. Selain itu, permainan seperti sepeda air juga dilengkapi, .
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 11:14:19 WIB

    Destinasi Wisata Ini Diproyeksi Bakal Diminati Pascapandemi

    Destinasi Wisata Ini Diproyeksi Bakal Diminati Pascapandemi HARIANHAALUAN.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memproyeksi produk ekowisata di Indonesia akan sangat diminati pascapandemi Covid-19. Hal itu dipicu oleh kondisi new normal atau tren baru dalam berwisata dimana.
  • Rabu, 11 Maret 2020 - 04:42:42 WIB

    Tiket Jakarta-Korea Hanya Rp149 Ribu, Berminat?

    Tiket Jakarta-Korea Hanya Rp149 Ribu, Berminat? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Di tengah wabah virus corona atau COVID-19 yang tengah melanda dunia, warganet Twitter tengah ramai memperbincangkan harga tiket maskapai Low Cost Carier, AirAsia ke beberapa negara yang terbila.
  • Selasa, 26 Juli 2016 - 04:01:32 WIB

    Program Rehabilitasi Narkoba Sepi Peminat

    Program Rehabilitasi Narkoba Sepi Peminat TANJUNGPINANG, HALUAN — Prog­ram rehabilitasi gratis bagi pecandu narkoba yang dijalankan sepi peminat. Para penya­lahguna narkotika di Kota Tanjungpinang dinilai belum kooperatif untuk mengikuti program rehabilitasi rawa.
  • Selasa, 09 Februari 2016 - 03:26:04 WIB
    Akademisi Natuna

    Nilai Pemerintah Diskriminatif

    NATUNA, HALUAN — Ketua STAI Natuna, Umar Natuna menilai pemerintah pusat perlahan mulai mengeluarkan kebijakan yang terkesan diskriminatif dalam hal alokasi dana ke daerah. Kebijakan semacam itu terlihat pada alokasi DBH Mi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]