Harga Cabai Merah di Kota Padang Mulai Turun


Kamis, 11 Juni 2020 - 09:58:28 WIB
Harga Cabai Merah di Kota Padang Mulai Turun Penjual cabai merah. Dok tribun padang

HARIANHALUAN.COM - Pasca mengalami kenaikan beberapa waktu lalu, harga cabai merah kini berangsur turun. Pedagang di Pasar Raya Padang, Kota Padang kini menjual denga harga Rp15 ribu per kilogram (kg), turun Rp5 ribu dari harga semula Rp20 ribu per kg. Fluktuasi harga yang cukup cepat ini dianggap karena pasokan melimpah.

Hal itu berdasarkan pantauan di lapangan. Dari hasil pemantauan, ditemukan harga sejumlah kebutuhan bahan pokok mulai stabil. Meski ada beberapa bumbu dapur seperti bawang putih yang mengalami kenaikan harga cukup turun sudah berangsur menurun.

Di Pasar Raya, sejumlah komoditas rumah tangga, menurun. Bawang putih yang biasanya tembus Rp25 ribu sebelum lebaran, turun antara Rp3 ribu sampai Rp5 ribu. Hanya saja cabai rawit masih tinggi, dari harga Rp40 ribu per kg, kini masih bertahan diangka Rp30 ribu per kgnya.

Namun tak ada kenaikan harga yang signifikan menjelang Hari Raya Idul Adha, karena stok kebutuhan pokok tampak mencukupi. Selain di Pasar Raya Padang, hal serupa juga terjadi di pasar tradisional di sejumlah titik di kota Padang, seperti Pasar Pagi Lubuk Lintah dan Simpang Haru.

Turunnya harga dibenarkan salah satu pedagang bernama Nunuk (46). Penjual asal Padang ini menyebut, naik-turunnya harga, sidah lazim menjelang dan paska Hari Raya Idul Fitri. Nunuk menyebutkan, rata-rata barang kebutuhan dapur turun, sedang harga yang naik, hanya jahe.

"Rata-rata harga turun. Jahe naik, karena sulit didapat dan persediaan berkurang. Dulu Rp10 ribu, sekarang naik Rp15 ribu," terang Nunuk.

Lain lagi dengan penjual makanan. Mereka diuntungkan dengan turunnya harga kebutuhan pokok atau bimbu dapur. Seperti yang diungkap Wati (37) warga Anduring. Pembeli bumbu dapur tersebut mengatakan, turunya harga memberl keuntungan tersendiri. Mengingat, biaya membuat makanan lebih murah, sedang harga jual dagangannya tetap.

Sebelumnya, masyarakat mengeluh kenaikan harga cabai merah sehingga menurunkan daya belinya. Mereka mengurangi bobot pembelian karena harganya mahal. Selain itu, pedagang di pasar tradisional juga tidak mau menyimpan stok dalam jumlah banyak. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]