Hati-hati Ikut Rapid Test Gratis Jangan Sampai Malah Ketularan, Ini Tips Amannya


Kamis, 11 Juni 2020 - 11:01:17 WIB
Hati-hati Ikut Rapid Test Gratis Jangan Sampai Malah Ketularan, Ini Tips Amannya Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Semakin banyak masyarakat menemukan layanan pemeriksaan rapid test Covid-19 di tempat umum. Di Jakarta sendiri, layanan ini bisa Anda temukan di dekat Stasiun MRT Dukuh Atas dan beberapa tempat lainnya.

Layanan pemeriksaan rapid test Covid-19 ini tentu tak dilewatkan sejumlah masyarakat. Banyak dari pengguna media sosial juga membagikan momen mereka jalani rapid test Covid-19 gratis ini.

Salah satunya yang dilakukan @lia7669. Di akun Twitter-nya, ia memperlihatkan bagaimana suasana rapid test gratis di Stasiun MRT Dukuh Atas BNI.

Nampak suasana pemeriksaan cukup tertib dan petugas yang melakukan pengujian menggunakan APD lengkap. Jarak antarorang pun diatur dengan cukup baik di sini.

Sebenarnya saat ikut rapid test bisa jadi Anda malah berisiko tertular Covid-19. Karena dalam satu lokasi terdapat kerumunan orang. Sehingga Anda juga harus waspada, daripada mendapat imbas buruknya.

Nah, terkait dengan bagaimana cara menjalani rapid test Covid-19 dengan aman, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Indah Fitriani, SpPD, mengungkapkan lebih lanjut. Menurutnya, pemilihan lokasi rapid test menjadi hal yang diprioritaskan.

"Maksudnya, ketika rapid test gratis itu diselenggarakan di tempat umum, pastikan tak begitu ramai atau berkerumum. Ingat, physical distancing itu hal utama dalam mencegah penyebaran Covid-19," katanya pada Okezone melalui pesan singkat, Rabu (10/6/2020).

Dokter Indah melanjutkan, setelah rapid test Covid-19 dijalankan, sangat disarankan bagi siapapun untuk segera bubar. Jangan malah berkerumun di sekitar lokasi pemeriksaan.

"Setelah rapid test, langsung bubar saja. Kan hasilnya bisa langsung diketahui setelah pemeriksaan. Jadi, enggak usah tuh yang namanya ngumpul-ngumpul terus ngebahas hasil tesnya," sambungnya.(*)

 Sumber : okezone /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 20:48:05 WIB

    Hati-hati, Jangan Simpan 3 Makanan Ini di Freezer

    Hati-hati, Jangan Simpan 3 Makanan Ini di Freezer HARIANHALUAN.COM - Saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tentunya Anda selalu berniat menyimpan banyak makanan agar tak keluar rumah. Nah, Anda tentu mengandalkan kulkas untuk menyimpan segala jenis makanan favorit..
  • Kamis, 18 Juni 2020 - 07:22:27 WIB

    Hati-hati, Hand Dryer Bikin Virus 'Terbang' Sampai 3 Meter

    Hati-hati, Hand Dryer Bikin Virus 'Terbang' Sampai 3 Meter HARIANHALUAN.COM – Mencuci tangan menjadi sebuah kebiasaan yang kini rutin dijalani dalam mencegah penularan COVID-19 di era new normal. Usai mencuci tangan, banyak masyarakat yang memakai dry hand atau pengering tangan.
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 18:58:01 WIB

    Hati-hati! Usus Tak Sehat Dapat Tingkatkan Risiko Infeksi Covid-19

    Hati-hati! Usus Tak Sehat Dapat Tingkatkan Risiko Infeksi Covid-19 HARIANHALUAN.COM -- Seseorang yang memiliki riwayat penyakit kronis diklaim lebih berisiko terinfeksi corona virus. Para ilmuwan memperingatkan bahwa memiliki usus yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko terhadap corona .
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 08:09:57 WIB

    Anda Sedang Hamil? Hati-hati, Jangan-jangan Hamil Kosong

    Anda Sedang Hamil? Hati-hati, Jangan-jangan Hamil Kosong HARIANHALAN.COM - Kehamilan tak selamanya jadi kabar baik bagi pasutri baru. Ada satu kondisi kehamilan yang mungkin tak akan terduga, yakni hamil kosong..
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 19:45:59 WIB

    Hati-hati! Infeksi Corona Dapat Memicu Radang Tiroid Langka

    Hati-hati! Infeksi Corona Dapat Memicu Radang Tiroid Langka HARIANHALUAN.COM - Para peneliti menemukan bahwa pasien Covid-19 dapat mengembangkan penyakit radang tiroid yang disebut tiroiditis subakut. Ini merupakan penyakit tiroid langka yang ditandai oleh nyeri leher dan biasanya did.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]