Mulai Besok, Tiket Kereta Reguler Bisa Dipesan Online


Kamis, 11 Juni 2020 - 13:32:27 WIB
Mulai Besok, Tiket Kereta Reguler Bisa Dipesan Online Foto: Fadhly F Rachman

HARIANHALUAN.COM -- PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) kembali mengoperasikan Kereta Api (KA) Jarak Jauh dan KA lokal reguler secara bertahap untuk melayani masyarakat mulai besok, Jumat 12 Juni 2020.

Direktur Niaga KAI Maqin U Norhadi mengatakan, tiket KA dapat dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA. Sedangkan penjualan tiket di loket stasiun dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Merespons keputusan tersebut, sejumlah biro perjalanan online akan membuka kembali layanan pembelian tiket KA reguler tersebut, salah satunya Traveloka. Head of Marketing, Transport Traveloka Andhini Putri mengatakan, mulai besok calon penumpang sudah bisa membeli tiket KA reguler di platform tersebut.

"Saat ini kami tengah berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia serta mempersiapkan sistem di platform kami agar pengguna dapat melakukan pemesanan tiket KA reguler pada 12 Juni mendatang melalui platform Traveloka," kata Andhini dikutip dari detik.com, Kamis (11/6/2020).

Biro perjalanan online Pegipegi.com pun bakal membuka kembali layanan pembelian tiket KA reguler besok. Tiket yang tersedia hanyalah beberapa rute yang akan dibuka kembali oleh KAI antara lain dari dan menuju stasiun Kiaracondong, Cirebon, Semarang Poncol, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Jember, Ketapang, dan berbagai stasiun lainnya sesuai jadwal perjalanan KA Reguler yang beroperasi.

"Perjalanan KA bisa dibooking kembali di tanggal tersebut (12 Juni 2020). Untuk rute kami mengikuti partner kami KAI," ujar Corporate Communications Manager PT Go Online Destination (PegiPegi) Busyra Oryza.

Dihubungi secara terpisah, Senior Public Relations Executive Tiket.com Yosi Marhayati mengatakan, platform tersebut juga siap melayani pembelian tiket KA besok.

"Sesuai Surat Edaran KAI untuk agent, kami mengikuti kebijakan KAI untuk menjual per tanggal 12 Juni untuk pemesanan H-7 keberangkatan," papar Yosi.

Seluruh biro perjalanan tersebut mengimbau calon penumpang KA reguler untuk melengkapi persyaratan sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 No 7 Tahun 2020.

Pemeriksaan kelengkapan berkas tersebut akan dilakukan langsung di stasiun ketika boarding. Namun, beberapa biro perjalanan menyediakan layanan informasi bagi calon penumpang, misalnya Pegipegi.com.

"Saat ini kami sedang membuat 1 landing page untuk seluruh informasi tentang syarat-syarat yang harus dipenuhi sesuai ketentuan new normal, ini yang harus customer tahu tentang pemesanan KAI. Untuk pemesanan tiketnya di kami flow-nya seperti biasa. Nah informasi ini secepatnya akan disediakan di aplikasi dan website kami," terang Oryza.

Lalu, Tiket.com juga melakukan hal yang sama. Platform tersebut hanya menyediakan penjualan tiket, sementara pengecekan kelengkapan dokumen perjalanan dilakukan oleh KAI.

"Kami agent sifatnya mensosialisasikan saja. Semua dilakukan penunjukan syarat-syarat saat boarding di stasiun," tutup Yosi. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]