Alhamdulillah, 15 Orang yang Kontak dengan Pasien Covid-19 Hasilnya Negatif


Kamis, 11 Juni 2020 - 15:45:54 WIB
Alhamdulillah, 15 Orang yang Kontak dengan Pasien Covid-19 Hasilnya Negatif Juru Bicara Tim Teknis Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pasaman Barat, Dr. Gina Alecia.

HARIANHALUAN.COM - Petugas medis dan keluarga dari 15 orang yang dilakukan tes swab karena terkonfirmasi kontak langsung dengan "W", pasien yang dinyatakan positif covid 19 beberapa hari yang lalu, akhirnya bisa bernafas lega dan dapat beraktifitas normal sebagaimana biasanya. Hal itu karena hasil tes yang dilakukan semuanya negatif covid-19.

Diketahui, pasien Positif Covid-19 berinisial W, adalah salah satu Orang Tanpa Gejala (OTG) yang bekerja sebagai Petugas Lapas terbuka II B Kabupaten Pasaman Barat, yang di tes swab bersamaan dengan 4 orang binaan dan 27 Petugas Lapas lainnya pada beberapa waktu lalu. Dari hasil tes tersebut hanya pasien "W" yang hasilnya positif covid-19.

Juru Bicara Tim Teknis Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pasaman Barat, Dr. Gina Alecia kepada awak media Kamis, (11/6/2020) mengatakan, setelah pasien "W" dinyatakan positif covidz19, Tim Satgas langsung melakukan Tracking dengan siapa saja "W" melakukan kontak langsung untuk dilakukan tes Swab dengan tujuan menghindari resiko penyebaran covid-19 di Pasbar.

"Tim langsung bergerak cepat untuk melakukan Tracking untuk mengetahui dengan siapa saja pasien melakukan kontak untuk dilakukan tes Swab," ujarnya.

Dijelaskan, dari hasil tracking tim satgas Covid-19 dilapangan, ditemukan sebanyak 15 orang yang telah melakukan kontak langsung dengan W yang langsung ditanggapi dengan dilakukannya Tes Swab untuk antisipasi penyebaran virus covid 19 di tengah-tengah masyarakat.

"Alhamdulillah, setelah menunggu beberapa hari, hasil swab dari lima belas orang tersebut telah keluar dengan hasil semuanya negatif Covid-19," pungkasnya.

Dijelaskannya, sampai hari ini kondisi Pasaman Barat masih dinyatakan aman. Sebab pasien positif "W", saat ini sudah di isolasi di BPKSDM Padang dan dalam kondisi sehat. Sementara hasil swab dari salah seorang PDP yang dimakamkan di Kecamatan Koto Balingka beberapa hari yang lalu juga negatif Covid-19.

"Kondisi Pasbar saat ini masih dalam keadaan aman. Pasien "W" saat ini sudah dirawat di BPKSDM padang dan dalam keadaan sehat," pungkasnya.

Gina mengimbau kepada seluruh masyarakat Pasbar agar selalu mematuhi aturan dan himbauan dari pemerintah selama pandemi covid-19. Meksi saat ini telah diberlakukannya Era New Normal Life, hal itu tidak akan merobah aturan protokol kesehatan covid-19 seperti, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Tetap patuhi semua Protokol kesehatan Covid-19 seperti, memakai masker, mencuri tangan dan menjaga jarak, serta selalu menerapkan gaya hidup bersih dan sehat, meskipun telah diberlakukannya New Normal saat ini," harap Gina. (*)

Reporter : Muhammad Fadli /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]