Jelang New Normal Fase III, Sutan Riska Minta Pengawasan Standar Protokol Diperkuat


Kamis, 11 Juni 2020 - 16:32:33 WIB
Jelang New Normal Fase III, Sutan Riska Minta Pengawasan Standar Protokol Diperkuat Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Foto dok Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya

HARIANHALUAN.COM - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, meminta seluruh pihak terkait menguatkan pengawasan pelaksanaan standar protokol kesehatan jelang diberlakukannya fase III (tiga) tahapan kenormalan baru atau new normal, pada 15 Juni 2020.

"Pada fase tersebut sejumlah pelonggaran lanjutan akan diberlakukan seperti pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah dengan jumlah populasi kelas dikurangi hingga 50 persen," ungkapnya, Kamis (11/6).

Selain itu, lanjutnya, pelaksanaan kegiatan kebudayaan di ruang terbuka juga akan mulai diizinkan dengan menerapkan protokol jaga jarak aman dan tetap menggunakan masker selain menjalankan pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki lokasi kegiatan.

Upaya tersebut merupakan langkah lanjut pelaksanaan kenormalan baru fase II yang sudah membuka kelonggaran pada pusat ekonomi diluar kegiatan jual beli dengan kontak langsung antara penjual dan pembeli.

"Penerapan fase lanjutan sangat tergantung pada tingkat kepatuhan masyarakat menjalankan protokol kesehatan, jika ditemukan kasus positif baru dan atau adanya peristiwa kenaikan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) menjadi Pasien Dalan Pengawasan (PDP) maka penerapannya bisa saja ditunda bahkan dibatalkan," jelasnya.

Pada kesempatan itu ia mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar terus mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa serta meningkatkan kesadaran mendisiplinkan diri dalam menjalankan standar protokol kesehatan yang sudah diatur pemerintah.

Terkait upaya yang dilakukan pihak Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dalam menekan risiko terjadinya kasus penyebaran baru virus Covid-19, Kepala Dinas Kesehatan setempat, dr Rahmadian, mengatakan pihaknya sedang melakukan Full Swab Test kepada 1.500 orang masyarakat daerah itu secara acak sesuai pemetaan sebaran kasus positif dan daerah yang dinyatakan bebas Covid-19.

" Pelaksanaannya sudah dimulai sejak kemarin dan diperkirakan selesai hingga Sabtu (13/06), sebagai upaya deteksi dini terjadinya kasus positif baru dan mempertahankan zona-zona aman," tutupnya. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]