Pariaman Menuju Smart City, Admin OPD Ikuti Bimtek


Kamis, 11 Juni 2020 - 20:54:03 WIB
Pariaman Menuju Smart City, Admin OPD Ikuti Bimtek Ketika Bimtek sedang berlangsung

HARIANHALUAN.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Pariaman memberikan bimtek gratis kepada Admin OPD yang ada di lingkungan Pemerintahan Kota Pariaman.

Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Hendri kepada harianhaluan.com, Kamis,(11/6-2020) mengatakan, kegiatan ini untuk menerapkan elektronik Government atau System Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), menuju Pariaman sebagai Smart City.

Bimtek dilaksanakan Bidang E-Government (e-gov) Diskominfo itu tiga hari, 9 s/d 11 Juni 2020, di ruang rapat Sekda Kota Pariaman.

"Kini sedang pihaknya sedang mengembangkan tiga aplikasi dibidang e-gov untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat," sebut Hendri.

Tiga aplikasi itu, SIPAMAN (Sistem Aplikasi Pariwisata Kota Pariaman), SIDATUK (Sistem Informasi Data Terpadu Kemiskinan), dan aplikasi SIPADEH (Sistem Informasi Pengelolaan Administrasi Desa dan Kelurahan) dan SIKATAN (Sistem Informasi Desa Kelurahan Tingkat Kecamatan).

"Aplikasi itu sudah di berikan kepada masing-masing admin dari OPD yang membutuhkan layanan tersebut," kata Hendri.

Diharap setelah Bimtek ini, OPD dapat mengimplementasikan aplikasi tersebut.

"Dan dengan adanya aplikasi itu juga bisa menghindari kontak langsung dan  memutus penyebaran covid-19," sebut Kadis Kominfo ini lagi.

Peserta SIPAMAN  adalah OPD terkait seperti Dinas Pariwisata, SIDATUK pesertanya dari Dinas Sosial, SIPADEH dan SIKATAN penggunanya adalah masyarakat, tapi adminnya adalah staff di kantor desa kelurahan dan kantor camat. (*)

 

Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]