Usai Opang, Kini Dharmasraya Sasar Lansia dan Disabilitas Sambut New Normal


Kamis, 11 Juni 2020 - 22:32:23 WIB
Usai Opang, Kini Dharmasraya Sasar Lansia dan Disabilitas Sambut New Normal Ketua TP-PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny Dewi Sutan Riska, saat berdialog dengan orang tua salah satu anak berkebutuhan khusus, Andika (10thn), didampingi sejumlah pengurus, Kamis (11/06).

HARIANHALUAN.COM - Setelah meluncurkan bantuan makan siang gratis bagi tukang ojek pangkalan (Opang) dan petugas kebersihan, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, melalui Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) setempat, Ny Dewi Sutan Riska, membagikan paket sembako dan biskuit bagi anak penyandang disabilitas dan wanita Lanjut Usia (Lansia) dalam menghadapi tatanan kenormalan baru atau New Normal, Kamis (10/06).

Kegiatan itu ia lakukan setelah mengikuti agenda Video Conference Launching Penempatan anggota PDKI Kedokteran Keluarga Tanggap Covid - 19, diawali dengan kunjungan spontan dengan inisiatif pribadi bertemu langsung dengan anak penyandang disabilitas dan wanita lansia di Nagari Sungai Kambut, Kecamatan Pulau Punjung.

"Kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk kepedulian terhadap para penyandang disabilitas dan lansia, tetapi juga sekaligus untuk menyemangati mereka agar mampu bertahan dan membiasakan diri menjalani hidup dengan tetap melaksanakan seluruh anjuran dan imbauan pemerintah dalam menjalankan seluruh standar protokol yang diterapkan", ungkapnya.

Menurutnya, tatanan kehidupan New Normal yang merupakan upaya lanjut pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus pandemi Covid-19, adalah bentuk upaya mandiri setiap individu dalam menjaga diri agar tidak terpapar virus yang hingga saat ini belum ditemukan penawarnya secara medis.

"Tetap jaga jarak aman minimal satu setengah meter, selalu gunakan masker jika berada diruang terbuka dan jangan lupa membiasakan diri sering-sering mencuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer," imbaunya.

Pantauan wartawan, pada kegiatan itu Ny Dewi mendatangi dua anak penyandang disabilitas dan satu orang wanita lansia penerima bantuan.

Salah satu anak penyandang disabilitas yang dikunjungi adalah Andika (10) yang menderita kelumpuhan akibat menderita demam tinggi saat berusia satu tahun.

Sambil menyuapi biskuit untuk Andika, ia mengatakan bahwa penyandang disabilitas dan wanita lansia mempunyai hak yang sama juga untuk diperhatikan.

Terlihat Andika tersenyum sambil menikmati biskuit yang ternyata sangat disukainya. (*)

 

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]