Uji Klinis Vaksin Corona Butuh Waktu 9 Bulan


Kamis, 11 Juni 2020 - 22:49:18 WIB
Uji Klinis Vaksin Corona Butuh Waktu 9 Bulan Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Perusahan Bio Farma menggandeng perusahaan asal China dalam mengembangkan vaksin corona atau Covid-19. Pengembangan telah memasuki fase uji klinis tahap kedua.

Peneliti Utama Vaksin Covid-19 Universitas Padjadjaran, Prof. Kusnandi Rusmil  mengemukakan, setelah fase pertama dan kedua yang dilakukan di China hasilnya bagus, maka akan dilakukan pengujian fase ketiga di Indonesia. Hasil di Indonesia harus sama bagusnya dengan di China.

"Fase tiga itu untuk melihat konsistensinya, apakah di sana dengan di sini sama hasilnya atau tidak. Kalau sudah lewat fase ketiga itu baru vaksin itu bisa dijual. Sebelum melewati fase ketiga, vaksin itu tidak bisa dijual," kata Kusnandi dalam dialog di acara Kabar Petang tvOne, Kamis, 11 Juni 2020.

Kusnandi menuturkan, pada fase uji klinis tahap pertama dan kedua efek samping dan efektivitas vaksin ini diketahui aman dan efektif. Namun, vaksin ini masih harus dilihat keberhasilannya di Indonesia dan juga negara lainnya.

"Nah di negara lain, di China dan Indonesia itu hasilnya harus sama. Kalau enggak sama itu enggak bisa dipakai vaksinnya," ujar Kusnandi.

Menurut Kusnandi, penelitian ini membutuhkan waktu sekitar 9 bulan. Proses yang tidak sebentar ini terjadi karena orang yang diuji diberi vaksin harus terus dimonitor hasilnya.

Orang yang diuji dengan vaksin nanti harus benar-benar sehat. Setelah diberi vaksin, tiga hari kemudian akan dicek hasilnya. Setelah 7 hari juga akan dicek kembali efeknya. Dan memudian setiap bulan orang itu harus dicek kembali.

"Kita harus hati-hati karena ini untuk manusia. Nah, setelah 6 bulan dilihat bagus, dilihat lagi kadarnya dalam darah. Kalau efek sampingnya sedikit dan efek bagusnya sama, maka itu bisa digunakan. Artinya dia sudah konsisten hasilnya," kata Kusnandi. (*)

 Sumber : vivanews.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]