Anda Pernah Tersetrum Saat Menyentuh Apapun? Ini Penyebabnya


Jumat, 12 Juni 2020 - 08:16:13 WIB
Anda Pernah Tersetrum Saat Menyentuh Apapun? Ini Penyebabnya ilustrasi kesetrum

HARIANHALUAN.COM - Apa kamu pernah dibuat kaget saat tanpa sengaja merasa kesetrum saat menyentuh seseorang, sebuah benda atau gagang pintu? Jika pernah merasa hal tersebut, ternyata ini penyebabnya. Biasanya rasa kesetrum ini membuatmu seolah dapat merasakan aliran listrik yang tanpa sengaja kamu sentuh. 

Namun, apakah benar barang yang kamu sentuh tersebut dialiri aliran listrik? Melansir dari Indiatimes.com, rasa kesetrum saat menyentuh orang lain atau sebuah benda merupakan fenomena terjadinya arus statis. Hal ini tidak terlepas dari semua hal di sekitar kita yang memiliki atom.

Atom sendiri merupakan partikel terkecil dari unsur kimia. Pada dasarnya, banyak hal di sekitar kita yang terbuat dari atom. Sayangnya, hal ini terlalu kecil untuk dapat terlihat dengan mata telanjang. Bahkan menurut para ilmuwan, bagian terkecil dari atom juga ada yaitu seperti proton yang positif, elektron yang negatif, serta neutron yang cenderung netral.

Umumnya, atom akan tetap menjadi netral karena jumlah proton bermuatan positif dan elektron yang negatif sama. Namun, hal ini berubah saat jumlah ini tidak sama, alhasil akan banyak muatan negatif yang muncul. Ketidak seimbangan ini membuat atom dengan jumlah elektron dan proton yang tidak seimbang. Elektron yang negatif lalu tertarik pada proton positif. 

Tarik-tarikan yang berlawanan ini yang lalu membuat kejutan seperti kesetrum yang kita rasakan. Walaupun sensasi yang dirasakan mirip kesetrum aliran listrik, rupanya hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Ilmuwan menyebutkan bahwa fenomena ini tidak berlangsung selamanya. Saat elektron bersentuhan dengan permukaan positif, elektron ini akan berubah.

Fenomena ini dapat dicontohkan dengan menggosokkan balon ke rambut. Balon dengan muatan negatif akan menciptakan listrik statis yang membuat rambut menjadi berdiri. Menjawab pertanyaan mengenai rasa kesetrum yang muncul saat menyentuh orang lain atau benda. Jangan panik jika mengalami hal serupa ya. (*)

 Sumber : HiTekno /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 10:28:51 WIB

    dr Apriyanto Raih Gelar Doktor Usai Teliti Pertanda Kekambuhan Tumor Otak

    dr Apriyanto Raih Gelar Doktor Usai Teliti Pertanda Kekambuhan Tumor Otak HARIANHALUAN.COM - Tumor otak atau tumor meningioma memiliki tingkat rekurensi (kekambuhan) cukup tinggi, meski telah dilakukan langkah operasi untuk pengangkatannya. Dr. dr. Apriyanto, SpBS(K), M.Kes, FINPS berupaya mengungk.
  • Rabu, 06 Mei 2020 - 17:21:33 WIB

    Astroid Berukuran 6 Meter Dekati Bumi saat Ramadan, Pertanda Apakah?

    Astroid Berukuran 6 Meter Dekati Bumi saat Ramadan, Pertanda Apakah? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- NASA selalu mendeteksi asteroid dan objek luar angkasa lainnya yang mendekati Bumi lewat Center for Neart Earth Object Studies (CNEOS). Walau sistem ini sudah sangat canggih, tapi masih ada saj.
  • Jumat, 01 Mei 2020 - 08:59:47 WIB

    Benarkah Alien Itu Ada? Begini Pandangan Ahli

    Benarkah Alien Itu Ada? Begini Pandangan Ahli JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Senin, 27 April 2020 publik dibuat heboh akibat video yang dirilis oleh Pentagon. Kantor Pusat Angkatan Bersenjata AS ini, merilis tiga buah video pendek yang menunjukkan adanya fenomena udara t.
  • Jumat, 17 April 2020 - 19:43:54 WIB

    NASA Temukan Kembaran Bumi, Pertanda Apa?

    NASA Temukan Kembaran Bumi, Pertanda Apa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pesawat luar angkasa milik Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA), Kepler, telah lama mati. Meski begitu, Kepler telah menemukan sebuah planet kembaran Bumi atau Bumi 2.0, dan ilmuwan yang menelit.
  • Kamis, 16 April 2020 - 08:06:41 WIB

    Mengenal Bintang Tsurayya yang Disebut Tanda Berakhirnya Pandemi COVID-19

    Mengenal Bintang Tsurayya yang Disebut Tanda Berakhirnya Pandemi COVID-19 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kapan berakhirnya pandemi virus corona (COVID-19) tampaknya menjadi pertanyaan banyak orang di dunia saat ini. Pakar Hisab dan Rukyat KH Muhammad Thobary Syadzily menggunakan ilmu falak (astronomi).
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]