Warga Pabasko Dapat Keringanan Biaya Masuk Perguruan Thawalib Padang Panjang


Jumat, 12 Juni 2020 - 08:42:57 WIB
Warga Pabasko Dapat Keringanan Biaya Masuk Perguruan Thawalib Padang Panjang Dubes Turki dan Bosnia-Herzegovina bersama pengurus yayasan Thawalib.

HARIANHALUAN.COM - Bagi warga Padang Panjang Batipuh X Koto (Pabasko) yang memasukan putra-putrinya ke Perguruan Thawalib Padang Panjang tahun ajaran 2020/2021 mendapatkan keringanan biaya masuk untuk jenjang pendidikan Tsanawiyah dan jenjang pendidikan Aliyah. Biaya keringanan mencapai Rp2 juta lebih dari biaya PPDB.

Hal tersebut disampaikan Bendahara Yayasan Thawalib Padang Panjang, H. Fauzan kepada harianhaluan.com Jumat (12/6/2020). Menurutnya, sudah menjadi kelaziman selama ini khusus bagi putra/putri yang berasal dari Pabasko mendapatkan keringanan khusus biaya masuk. “Sudah menjadi ketentuan sejak sebelum sebelumnya bahwa bagi orang Pabasko mendapatkan keringanan biaya masuk Perguruan Thawalib,” katanya.

Menurut Fauzan, keringanan biaya masuk Perguruan Thawalib telah berlangsung lama. Sehingga, pengurus Yayasan Thawalib Padang Panjang saat ini menetapkan keringanan biaya tersebut cukup lumayan besar diberikan. “Jika diperbandingkan dengan biaya PPDB masuk Perguruan Thawalib, maka keringanan biaya yang didapatkan warga Pabasko mencapai lebih dari Rp2 juta,” ujarnya.

Menjawab pertanyaan, kata Fauzan yang juga pengusaha toko emas di kota Padang Panjang ini, keringanan biaya yang diperoleh bagi warga Pabasko dengan berbagai  pertimbangan dan hal tersebut tak terlepas dari historis dan keberadaan Perguruan Thawalib itu sendiri. Lokasi kampus Perguruan Thawalib sejak didirikan tahun 1911 sampai saat ini berada di Padang Panjang. 

“Ini sudah menjadi kelaziman sejak dulunya bahwa untuk calon santri Perguruan Thawalib yang berasal dari Pabasko mendapatkan keringanan biaya,” kata H. Fauzan.

Dalam sejarah Perguruan Thawalib, sebelum dalam bentuk pendidikan klasikal menggunakan meja dan kursi di ruangan kelas, berawal dari pendidikan secara halaqah duduk bersila di surau Jembatan  Besi, Kota Padang Panjang pada tahun 1900 an. Kemudian, kehadiran Dr. Abdul Karim Amarullah atau dikenal dengan Inyiak DR (ayah dari Buya Hamka) membawa konsep pemikiran pembaharuan pendidikan Islam dengan sistim klasikal.

Lokasi pendidikan Thawalib berpindah dari surau Jembatan Besi ke lokasi saat ini di dekat Bukit Surungan atau tidak jauh dari pemandian Lubuk Mato  Kuciang. Sejak kepindahan lokasi pendidikan tersebut sekitar tahun 1911, maka Perguruan Thawalib melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar di lokasi baru tersebut sampai sekarang. Kemudian, pada tahun 1989 dibawah kepemimpinan Buya H. Mawardi Muhammad didirikan Perguruan Thawalib Putri dengan lokasi kampus di Kelurahan Guguk Melintang, Padang Panjang.

Saat ini Perguruan Thawalib Padang Panjang memiliki jenjang pendidikan Raudhatul Athfal Alquran (RAA) setingkat Taman Kanak Kanak, jenjang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Unggul Terpadu (MIUT) setingkat SD, jenjang pendidikan Tsanawiyah Putra dan Putri, serta jenjang pendidikan Aliyah Putra dan Putri.

Semua unit sekolah tersebut berada di dua kampus yang berbeda. Untuk santri putra di kampus Jalan Abdul Hamid Hakim No.12 Padang Panjang dan untuk santri perempua di kampung Guguk Melintang, Padang Panjang. Menurut H. Fauzan, untuk tahun ajaran 2020/2021 biaya masuk untuk jenjang pendidikan Tsanawiyah dengan total Rp10.480.000. 

Yakni, meliputi biaya sarana dan prasarana, biaya kelengkapan santri di asrama berupa tempat tidur, kasur dan lemari, biaya awal masuk sekolah berupa uang SPP, uang katering, uang laundry pakaian, uang asrama. Kemudian ada biaya kegiatan ekstrakurikuler dan lainnya. Sedangkan, untuk biaya masuk jenjang Aliyah total sebesar Rp10.980.000.

“Dari biaya masuk PPDB tersebut, bagi orang Pabasko yang memasukan anaknya baik di Thawalib Putra maupun Putri mendapatkan keringanan dari biaya PPDB tersebut  sebesar Rp2 juta lebih,” ujar H. Fauzan. (*)

 Sumber : rel /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]