Cuaca Tak Menentu, Harga Ikan Tuna Biasanya Rp40 Ribu Jadi Rp60 per Kg


Jumat, 12 Juni 2020 - 11:34:34 WIB
Cuaca Tak Menentu, Harga Ikan Tuna Biasanya Rp40 Ribu Jadi Rp60 per Kg Pedagang ikan di kawasan los lauak di Pasar Raya Padang.

HARIANHALUAN.COM - Sejumlah komoditas bahan pangan masih mengalami fluktuasi baik kenaikan maupun penurunan di Pasar Raya Padang, Kota Padang, tak terkecuali harga ikan segar. Fluktuasi harga tersebut dikarenakan ketersediaan dan cuaca tak menentu sehingga sebagian harga mulai menunjukkan kenaikan.

Jon, pedagang ikan segar di Pasar Raya menuturkan, harga ikan terus mengalami fluktuasi yang kecenderungannya mengalami kenaikan. Ikan tuna atau sisiak mengalami kenaikan dari Rp40 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp60 ribu per kg, artinya naik sebesar Rp20 ribu.

"Kalau ikan tongkol atau mambu tergantung ukurannya, kalau ukuran menengah Rp40 ribu per ekor. Untuk ukuran kecil Rp20 ribu per ekor. Taneman seperempata kilo Rp15 ribu," kata Jon, Jumat (12/6/2020).

Lain halny dengan Iyet, juga seorang pedagang di Pasar Raya. Dia menyebutkan, untuk saat ini harga ikan masih naik turun, karena tergantung pasokan. Kalau pasokan ikannya banyak maka harga ikan bisa lebih murah. Begitu juga sebaliknya. Sekarang untuk harga ikan tuna dibanderol Rp60 ribu per kg.

"Biasanya konsumen paling datang berburu ikan pada akhir pekan, sehingga penjualan meningkat dibandingkan dengan hari biasanya. Yang biasanya pendapatan sehari ratusan ribu bisa jutaan rupiah di hari libur," ujar Iyet.

Dari pantauan di lapangan, terlihat di kawasan los ikan Blok IV Pasar Raya Padang ini dijual beragam ikan seperti ikan karang, ikan tuna , ikan gambolo, cumi, kepiting, udang, serta ikan lainnya yang masih segar di jual oleh pedagang dengan harga yang bervariasi tergantung besar kecilnya ikan.

Seorang pembeli Merry mengatakan, dirinya sengaja membeli ikan laut langsung ke Pasar Raya. Selain harganya lebih murah kondisi ikanya masih segar. "Lebih suka ke pasar, kita bisa pilih ikan yang disuka, ikannya juga lebih segar-segar. Kalau di kedai-kedai, ikan yang dijual kan tidak terlalu banyak," kata Merry. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 Januari 2020 - 20:57:20 WIB

    Antisipasi Cuaca Ekstrim, PLN Siapkan Mitigasi Bencana

    Antisipasi Cuaca Ekstrim, PLN Siapkan Mitigasi Bencana PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Cuaca ekstrem yang kini sedang menerjang beberapa kawasan di tanah air membuat masyarakat harus waspada mengantisipasi segala kemungkinan..
  • Kamis, 25 Juli 2019 - 20:55:03 WIB

    Inflasi di Daerah Tinggi, Wapres JK: Tergantung Kondisi  Cuaca

    Inflasi di Daerah Tinggi, Wapres JK: Tergantung Kondisi  Cuaca JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Wakil Presiden RI Jusuf Kalla tak mau ambil pusing terkait masih terdapatnya beberapa daerah yang inflasinya di atas target pemerintah yakni 3,5 persen pada 2018..
  • Selasa, 26 Juli 2016 - 04:43:47 WIB

    Cuaca Buruk Pengaruhi Harga Ikan di Padang

    PADANG, HALUAN — Harga ikan naik hampir dua kali lipat karena sedikitnya jumlah tangkapan ikan nelayan yang disebabkan oleh cuaca buruk, seperti badai, yang melanda Padang beberapa hari terakhir..
  • Sabtu, 20 Februari 2016 - 02:57:54 WIB

    Harga Ikan Melambung Akibat Cuaca Buruk

    PADANG, HALUAN — Ti­dak hanya ma­sya­rakat Kota Padang yang menjerit de­ngan mahalnya harga ikan, namun juga pe­dagang ikan ikut loyo akibat cuaca eks­trim yang melanda Suma­tera Barat (Sumbar) bela­kangan ini..
  • Selasa, 15 Desember 2015 - 02:52:58 WIB

    Cuaca Buruk, Tangkapan Nelayan Menurun Drastis

    PADANG, HALUAN -—Musim penghujan disertai angin kencang yang sering terjadi sepanjang bulan ini, menyebabkan hasil tang­kapan nelayan tradisional di Kota Padang menurun dras­tis. Sebab, nelayan terpaksa mempersingkat wakt.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]