TP-PKK Dharmasraya Luncurkan Kegiatan Perdana Posyandu Berbasis Tatanan New Normal


Jumat, 12 Juni 2020 - 12:42:58 WIB
TP-PKK Dharmasraya Luncurkan Kegiatan Perdana Posyandu Berbasis Tatanan New Normal Ketua TP-PKK Kabupaten Dharmasraya Dewi Sutan Riska, saat menyerahkan bantuan masker kepada petugas Posyandu dalam kegiatan peluncuran kembali pelayanan kesehatan ibu dan anak di Nagari Koto Salak, Jumat(12/06).

HARIANHALUAN.COM - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Dharmasraya Dewi Sutan Riska, membuka kembali secara resmi kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di daerah itu secara simbolis yang dipusatkan di Nagari Koto Salak, Jumat(12/06).

"Sesuai instruksi pemerintah pusat dalam menjalankan tatanan kenormalan baru atau New Normal, pelayanan Posyandu termasuk titik yang sudah diperbolehkan aktif kembali dengan sejumlah syarat tertentu," ungkapnya di Dharmasraya.

Syarat tersebut, lanjutnya, adalah dengan tetap memastikan pelayanan berjalan dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, seperti tetap memakai masker, menjaga jarak aman, menerapkan pola hidup sehat serta rajin-rajin mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer.

Selain itu, tambahnya, pihak petugas posyandu juga diminta menyediakan fasilitas seperti tata ruang yang cukup, mengatur jarak antar pengunjung dan memastikan balita tetap memperoleh kenyamanan selama berada di kawasan posyandu.

"Seluruhnya harus dipastikan dalam keadaan sehat, jika ditemukan ada warga yang mengalami gejala demam panas tinggi maka harus segera ditangani sesuai standar operasional prosedur dengan tetap mengedepankan keselamatan bagi pasien maupun petugas kesehatan," jelasnya.

Sebelumnya, setelah meluncurkan bantuan makan siang gratis bagi tukang ojek pangkalan (Opang) dan petugas kebersihan, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, melalui Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) setempat, Dewi Sutan Riska, membagikan paket sembako dan biskuit bagi anak penyandang disabilitas dan wanita Lanjut Usia (Lansia) dalam menghadapi tatanan kenormalan baru atau new normal, Kamis (10/06).

Kegiatan itu ia lakukan setelah mengikuti agenda video conference Launching Penempatan anggota PDKI Kedokteran Keluarga Tanggap Covid - 19, diawali dengan kunjungan spontan dengan inisiatif pribadi bertemu langsung dengan anak penyandang disabilitas dan wanita lansia di Nagari Sungai Kambut, Kecamatan Pulau Punjung.(*)

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]