Tren Penularan Covid-19 di New Normal, Meningkat di Lingkaran Keluarga


Jumat, 12 Juni 2020 - 12:59:13 WIB
Tren Penularan Covid-19 di New Normal, Meningkat di Lingkaran Keluarga Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat mengaku, dalam sepekan penerapan adaptasi new normal tetap terjadi kluster baru penularan virus corona atau Covid-19.

Hanya saja, tren penularan cenderung ke lingkungan keluarga. Kasus baru yang muncul beberapa hari belakangan kerap terjadi mengincar satu keluarga, tetapi penularan tidak sampai meluas ke lingkungan sekitar tempat tinggal keluarga tersebut.

"Tetapi ada kluster malah dari rumah ke rumah. Contohnya kemarin di pejuang hampir ada 7 (anggota keluarga), terus Jatibening Baru sudah selesai lalu hari ini ada 8 atau 7 (anggota keluarga) sehingga sekarang posisinya tinggal 13 orang (masih dirawat)," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi kepada wartawan, Kamis 11 Juni 2020.

Disamping itu, pria yang disapa Pepen itu mengatakan, dalam dua pekan terkahir di Kota Bekasi tidak ditemukan kasus positif Covid-19 meninggal dunia. "Dari tanggal 27 kemarin belum ada yang positif meninggal," kata Pepen.

Pepen mengaskan, berdasarkan hasil kajian Tim Epidemologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI), tingkat reproduksi virus corona di Kota Bekasi saat ini berada di angka 0,91.

"Nah ahli epidemiologis saat 14 hari tidak ditemukan orang-orang yang meninggal memang, mangkanya pak Pandu (Ahli Epidemiologi FKM-UI) bilang Kota Bekasi ini salah satu kota di Indonesia yang terjun bebas," jelas Pepen.

Meski begitu, Pepen mengakui tidak adanya kluster baru di luar keluarga karena selama penerapan adaptasi new normal, pihaknya tetap melakukan pengambilan sampling rapid test di sejumlah titik baik di tempat hiburan maupun di lingkungan perumahan.

"Yang di mal dirapid yang ditempat hiburan di dirapid diswab, sampai dengan saat ini sudah habis 2000-3000an lebih rapid, yang reaktif belom ditemukan adanya kluster baru dari yang kita lakukan simulasi," kata politikus Golkar itu.(*)

Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]