Disiplin Tinggi, Sutan Riska Apresiasi Populasi di Pasar Pulau Punjung Jalankan Tatanan New Normal


Jumat, 12 Juni 2020 - 13:37:22 WIB
Disiplin Tinggi, Sutan Riska Apresiasi Populasi di Pasar Pulau Punjung Jalankan Tatanan New Normal Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, saat mengunjungi kawasan pasar tradisional Pulau Punjung, Jumat (12/06).

HARIANHALUAN. COM - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mengapresiasi tingkat kepatuhan dan kedisiplinan pengunjung dan pedagang Pasar Pulau Punjung.

Hal itu ia sampaikan di sela-sela kunjungannya ke pasar tradisional yang berada di jantung pusat pemerintahan daerah itu, Jumat (12/06).

"Saya sangat berterima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah bersedia mengikuti seluruh arahan pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 ini, semoga dengan kedisiplinan kita bersama bisa mempercepat pemulihan keadaan dan semakin tangguh dalam mengantisipasi risiko terpapar ditengah masih berlangsungnya situasi pandemi ini," ungkapnya.

Menurutnya, sebagai salah satu pusat perekonomian yang cukup sibuk sehingga menjadikan kawasan itu menjadi salah satu klaster sebaran yang harus diantisipasi secara serius oleh semua pihak dan masyarakat.

Ia berharap, kawasan itu bisa menjadi percontohan terhadap pelaksanaan terapan tatanan kehidupan baru atau New Normal yang saat ini sedang dijalankan pihaknya secara bertahap.

"Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dalam mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di pasar-pasar yang menjadi pusat keramaian, para pedagang telah difasilitasi dengan tempat-tempat berdagang model zig-zag, sehingga jaga jarak antara pedagang dan pembeli dapat diterapkan dalam aktivitas jual beli," tegasnya.

Hal ini, lanjutnya, bahkan sudah dilaksanakan pihaknya sejak pemberlakuan Pembatasab Sosial Bersakala Besar (PSBB) di wilayah Provinsi Sumatera Barat, seperti menyediakan tempat cuci tangan untuk para pedagang dan pembeli di pintu masuk pasar dan  lain sebagainya.

"Kita berharap masyarakat dapat beradaptasi dengan kondisi ini. Beraktivitas normal seperti biasanya, namun dengan menerapkan protokol kesehatan. Semoga, kehidupan perekonomian masyarakat dapat kembali pulih seiring pemberlakuan new normal ini, dan kita semua tetap aman dari Covid-19. Kuncinya ya itu, disiplin. Patuhi protokol kesehatan," pungkasnya.

Pantauan HarianHaluan.com, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan beserta rombongan dari seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),terlihat mengitari hampir seluruh bagian pasar untuk melihat langsung aktivitas pedagang dan pembeli dari toko ke toko, kedai ke kedai hingga lapak ke lapak.

Disamping mengecek suasanan pemberlakuan tatanan New Normal, ia juga menyempatkan diri berdialog dengan sejumlah masyarakat guna menyerap aspirasi dan informasi sebagai bahan tambahan dalam mengevaluasi kegiatan penanganan penyebaran virus Covid-19 di daerah itu. (*)

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]