Kadis Kehutanan Sumbar Dukung Anak Muda Koto Panjang Manfaatkan Potensi SDA untuk Ekowisata


Jumat, 12 Juni 2020 - 14:43:52 WIB
Kadis Kehutanan Sumbar Dukung Anak Muda Koto Panjang Manfaatkan Potensi SDA untuk Ekowisata Kadis Kehutanan Provinsi Sumbar, Yozarwardi UP saat menyerahkan bibit kepada Pokdarwis Beringin Sakti di panorama puncak Koto Panjang.

HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Yozarwardi Usama Putra mengapresiasi langkah sekelompok pemuda Koto Panjang, Nagari Lansekkadok, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman, membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Pokdarwis yang diberi nama Beringin Sakti ini dijadikan sebagai wadah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat lewat pemanfaatan hutan secara kreatif melalui pengelolaan objek wisata alam panorama hutan pinus di puncak Koto Panjang. 

"Saya memberi apresiasi atas upaya memanfaatkan potensi sumber daya alam untuk ekowisata. Apalagi yang mengelolanya adalah anak-anak milenial, yang tinggal di sekitar lokasi tersebut (hutan)," ujar Yoz, Jumat (12/6).

Bahkan, kata dia, pihaknya sudah berkunjung ke lokasi ekowisata tersebut, Kamis (11/6) lalu. Di sana, kata Yoz, pihaknya menyerahkan sejumlah bibit untuk ditanam di area wisata alam panorama hutan pinus itu. 

"Betul, kami sudah berkunjung ke lokasi hutan pinus HKm Beringin Sakti, yang dikelola oleh anak-muda milenial itu. Sejumlah bibit manggis kita serahkan di sana, untuk ditanam," ujarnya. 

Menurutnya, perlu kreativitas dan inovasi dalam pengembangan panorama puncak Koto Panjang itu menjadi kawasan ekowisata andalan ke depan. Hal utama adalah menjaga kebersihan lingkungan dan berikan kenyaman bagi setiap pengunjung.

"Harapannya, manfaatkan potensi ekowisata sesuai daya dukungnya dan berdayakan masyarakat setempat. Untuk pengembangan ekowisata di hutan pinus di masa Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid (TNB PAC), tetap memperhatikan protokol kesehatan," katanya. 

Sebagai Ketua Pokdarwis Beringin Sakti, yang mengelola panorama puncak Koto Panjang dijadikan sebagai destinasi wisata, Hendra mengaku senang, akhirnya dukungan satu persatu mulai datang dan mengalir kepada pemuda setempat. 

"Niat baik pemuda Koto Panjang untuk menjaga hutan pinus puncak Koto Panjang yang sudah mulai rusak, mendapat dukungan langsung dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat. Beliau, secara langsung meninjau lokasi wisata puncak Koto Panjang. Kawasan wisata ini berada pada kawasan Hutan Kemasyarakatan (HKm) yang dikelola oleh Kelompok HKM Beringin Sakti," katanya. 

Menurut Hendra, kedatangan Kadis Kehutanan Provinsi Sumbar ke lokasi hutan wisata itu merupakan sebuah berkah. Untuk itu, ia berharap semua pihak terkait dapat bersinergi dan mendukung upaya anak muda itu mengelola kawasan hutan tersebut agar lebih baik. 

"Mudah-mudahan kedatangan beliau bisa membuka hati semua pihak agar bersinergi mendukung program kerja yang timbul dari kesadaran dan kepedulian kami sebagai pemuda setempat dalam melindungi hutan dan ekosistemnya," ujar Hendra. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]