Luhut Tak Jadi Debat dengan Rizal Ramli malah Pilih Debat dengan Dosen UI


Jumat, 12 Juni 2020 - 18:11:17 WIB
Luhut Tak Jadi Debat dengan Rizal Ramli malah Pilih Debat dengan Dosen UI Debat Luhut dengan dosen senior Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Djamester Simarmata.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tantangan debat untuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan soal kebijakan ekonomi dari ekonom senior Rizal Ramli bikin heboh. Menanggapi tantangan itu, pihak Luhut pun mengundang Rizal Ramli untuk berdebat Kamis pagi (11/6/2020), tetapi si penantang tidak hadir.

Namun, ada satu sosok yang juga sempat mengajak diskusi Luhut, dia adalah dosen senior Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Djamester Simarmata. Dia pun memenuhi undangan Luhut.

Melalui akun Instagram pribadinya, Luhut bercerita tentang pertemuannya dengan Djamester. Luhut mengaku senang berdiskusi dengan Djamester. Menurutnya apabila memiliki perbedaan pendapat lebih baik berdiskusi dan berargumentasi secara ilmiah.

Bila ingin menyampaikan pendapat menurutnya bukan dengan melakukan debat kusir yang tak ada ujungnya. Apalagi sampai menyiapkan promotor macam pertandingan tinju.

"Saya senang sekali bisa berdiskusi dan beradu argumentasi secara ilmiah seperti ini, bukan debat kusir yang tidak jelas titik temunya di mana," ujar Luhut dikutip dari akun Instagramnya, @luhut.pandjaitan, Kamis (11/6/2020).

"Apalagi sampai harus menyiapkan promotor seperti ajang tinju saja," ujarnya.

Berikut pernyataan mantan Menko Polhukam dan Kepala Staf Presiden itu, dikutip dari akun Instagram @luhut.pandjaitan:

Saya selalu punya prinsip untuk menyelesaikan setiap permasalahan secara holistik. Kita harus punya pemahaman yang utuh dan cara pandang yang luas dalam menyelesaikan setiap masalah. Dan salah satu cara untuk memperoleh pemahaman yang luas adalah dengan berdiskusi. Seperti pagi ini saya mengundang Dr. Djamester Simarmata ke kantor saya untuk berdiskusi tentang tantangan perekonomian Indonesia.

Dr. Djamester Simarmata adalah orang hebat yang mendedikasikan seumur hidupnya pada dunia pendidikan. Usia kami bisa dibilang sudah sama-sama senior, namun jalan yang kami pilih sedikit berbeda. Saya mendedikasikan separuh hidup saya di militer, dan beliau memilih jalan akademis sebagai tonggak pengabdian untuk ibu pertiwi.

Pak Djamester memberikan analisis yang cukup hebat tentang utang Indonesia. Jika ada perdebatan di dalam teori itu hal yang lumrah. Saya senang sekali bisa berdiskusi dan beradu argumentasi secara ilmiah seperti ini, bukan debat kusir yang tidak jelas titik temunya di mana.

Apalagi sampai harus menyiapkan promotor seperti ajang tinju saja. Saya sampaikan kepada beliau agar tidak hanya sekali saja datang ke sini. Saya tekankan kepada beliau bahwa kami semua benar-benar bekerja dengan hati, demi kepentingan seluruh rakyat Indonesia. Sementara Pak Djamester bekerja untuk terus menyuarakan dan memberikan saran dan masukan kepada kami semua di Pemerintahan.

Di akhir pertemuan, Pak Djamester menyampaikan kepada saya apresiasinya atas diskusi ini karena cara seperti ini belum pernah ada sebelumnya dan ini sangat baik. Pak Djamester juga memuji tim ahli bidang ekonomi saya yang sebagian besar adalah anak-anak muda yang selalu terbuka untuk mendengar dan menerima masukan dari semua pihak, apalagi yang datang dari sosok ekonom senior berintegritas seperti beliau.

Saya berharap kita bisa melanjutkan dan terbiasa melakukan kebiasaan baik ini, berdiskusi, berdialektika, bermuntuk mencapai mufakat. Sesuai nilai-nilai dasar negara kita, Pancasila dan UUD'45. Tidak yang menang atau kalah dalam diskusi dan adu argumentasi hari ini. Tetapi kami sepakat pada satu hal, semua boleh berbicara dan mengkritik Pemerintah asalkan menggunakan data yang dapat diuji bersama-sama. (*)
 

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 20:38:09 WIB

    Usai Jokowi Marah, Luhut Merapat Bareng Bos BI Hingga KPK

    Usai Jokowi Marah, Luhut Merapat Bareng Bos BI Hingga KPK HARIANHALUAN.COM - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pertemuannya dengan petinggi lembaga negara dan para menteri koordinator. Hal terjadi usai adanya teguran keras Presiden Joko Widodo dalam r.
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 18:59:57 WIB

    Waduh, Jokowi Ditantang Reshuffle Luhut dan Airlangga

    Waduh, Jokowi Ditantang Reshuffle Luhut dan Airlangga HARIANHALUAN.COM - Analis sosial politik Universitas Negeri Jakarta, Ubedilah Badrun, menantang Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk melakukan reshuffle terhadap dua menteri koordinator..
  • Senin, 29 Juni 2020 - 10:30:41 WIB

    Luhut Sebut IMF Komentari Utang Indonesia Meningkat

    Luhut Sebut IMF Komentari Utang Indonesia Meningkat HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan, Dana Moneter Internasional (IMF) turut berkomentar soal rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesi.
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 19:21:54 WIB

    Menteri Luhut Kasih Nasihat Buat Ibas Yudhoyono, Begini Isinya!

    Menteri Luhut Kasih Nasihat Buat Ibas Yudhoyono, Begini Isinya! HARIANHALUAN.COM - Dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan sempat menyinggung keberadaan Edhie Baskoro Yudhoyo.
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 15:31:17 WIB

    Begini Isi Nasihat Menteri Luhut ke Ibas Yudhoyono

    Begini Isi Nasihat Menteri Luhut ke Ibas Yudhoyono HARIANHALUAN.COM - Dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan sempat menyinggung keberadaan Edhie Baskoro Yudhoy.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]