Imbas Covid-19, KPU Sumbar Kurangi Anggaran Pilkada 2020


Jumat, 12 Juni 2020 - 19:20:21 WIB
Imbas Covid-19, KPU Sumbar Kurangi Anggaran Pilkada 2020 Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar.

HARIANHALUAN.COM - Pada perhelatan Pilkada 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar meminta Pemerintah Provinsi Sumbar untuk menyediakan perlengkapan protokol kesehatan melalui Gugus Tugas Covid-19.

"Perlengkapan tersebut mencakup APD, masker, pembersih tangan, dan alat alat lainnya untuk keselamatan peserta, penyelenggara, dan masyarakat yang terlibat dalam Pilkada,” ujar Ketua KPU Sumbar, Amnasmen, Jumat (12/6/2020).

Selain itu, KPU mengingat Sumbar Masih dalam masa pandemi, akan terjadi pengurangan tahapan Pilkada. Hal itu dilakukan untuk pencegahan penularan covid-19 saat pelaksanaan penyelenggaran.

"Jika tahapan Pilkada dikurangi, juga dilakukan pengurangan anggaran," sambungnya.

Pengurangan tahapan itu yakni, sambung Amnasmen, pelaksanaan kampanye dan sosialisasi Pilkada. Artinya, tidak ada mobilisasi orang serta berbagai pertemuan langsung seperti bimbingan teknis.

“Kalau anggaran tahapan kita justru mengurangi, sebab tahapan yang dilakukan kita sesuaikan dengan protokol kesehatan dari pemerintah,” lanjutnya.

Sementara ketentuan tambahan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebagian besar juga akan ada pengurangan, sesuai dengan arahan pemerintah agar melakukan efisien anggaran dalam masa Covid-19.

"Namun kita berkomitmen, kita akan tetap menyelenggarakan pemilu dengan sebaik baiknya, walau ada beberapa pengurangan tahapan," tukasnya. (*)

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]