Tidur di Atas Jam 10 Malam Tiap Hari Bisa Sebabkan Diabetes dan Kanker


Jumat, 12 Juni 2020 - 19:58:46 WIB
Tidur di Atas Jam 10 Malam Tiap Hari Bisa Sebabkan Diabetes dan Kanker Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HARIANHALUAN.COM - Tubuh kita membutuhkan istirahat 7-9 jam per hari untuk memulihkan tenaga yang hilang. Kurang tidur pun dapat membahayakan bagi tubuh kita.

Jika Anda kurang tidur, Anda mungkin merasa lekas marah, mood tidak stabil, dan sebagainya. Sebab, tidur dan tingkat stres sangat berkaitan erat.

Nah, seperti dilansir iNews dari Hello Giggles, ada beberapa manfaat bagus bagi mental dan otak jika Anda memenuhi kualitas dan kuantitas tidur Anda.

Pertama adalah Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila kurang tidur, karena begadang, mengerjakan tugas kantor dari rumah, menonton serial atau film, Anda bisa menggantinya dengan tidur lebih lama.

Tidur lebih lama sesekali merupakan hal positif yang berdampak baik bagi sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini karena tidur dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk merespons virus atau bakteri penyebab infeksi.

Kedua adalah meningkatnya suasana hati dan memori. Tidur dapat memulihkan otak Anda, sehingga tidur lebih banyak membantu meningkatkan kemampuan Anda berkonsentrasi, membuat keputusan yang optimal, meningkatkan daya ingat, dan membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik.

Tapi jangan salah, terlalu sering tidur lebih lama dari biasanya, di atas 10 jam sehari, juga dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh, dan berkontribusi terhadap berbagai kondisi kesehatan. Di antaranya seperti diabetes dan penyakit jantung.

Menurut sebuah studi oleh The Nurses' Health, yang melibatkan hampir 72.000 wanita, menunjukkan bahwa wanita yang tidur sembilan hingga 11 jam per malam, 38 persen lebih mungkin memiliki penyakit jantung koroner dibandingkan dengan wanita yang tidur selama delapan jam. (*)

 Sumber : Okezone.com /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]