Haris Azhar Ungkap Dugaan Rekayasa Sidang Kasus Novel Baswedan


Sabtu, 13 Juni 2020 - 09:40:18 WIB
Haris Azhar Ungkap Dugaan Rekayasa Sidang Kasus Novel Baswedan Advokat dari Lembaga advokasi hukum dan HAM Lokataru, Haris Azhar

HARIANHALUAN.COM - Direktur Kantor Hukum Lokataru Haris Azhar menilai janggal peradilan terhadap dua terdakwa kasus penyerangan penyidik KPK Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis.

Haris mengatakan tuntutan setahun penjara yang diberikan Jaksa terlalu berbau rekayasa.

"Nuasa rekayasa sangat kental. Sebagaimana ciri pengadilan rekayasa, banyak keanehan dalam persidangan," ujar Haris Azhar dalam keterangannya hari ini, Jumat, 12 Juni 2020.

Haris Azhar menerangkan kedua terdakwa adalah anggota Polri yang didamping pengacara yang juga polisi. Dia menegaskan bahwa hal itu  menunjukan konflik kepentingan.

Dia juga menyoroti keterangan dokter bahwa Novel Baswedan diserang air keras tidak digunakan. Jaksa memakai dalil penggunaan air aki seperti pengakuan kedua terdakwa tanpa didukung bukti forensik.

Rekaman CCTV pun tidak dimunculkan sebagai bukti dalam persidangan. Padahal, sejak awal penanganan polisi mengklam sudah mendapati rekaman CCTV sekitar tempat kejadian dekat kediaman Novel Baswedan.

"Ini hanya beberapa kejanggalan," kata Haris.

Karena itu Haris mengatakan tuntutan rendah bagi kedua terdakwa kasus Novel Baswedan aneh tapi wajar.

Aneh karena kejahatan kejam hanya dituntut rendah. Namun wajar sebab Haris Azhar meyakini Rahmat dan Ronny sekedar boneka.

Berdasarkan hasil investigasi Tim Advokasi Novel Baswedan, Rahmat dan Ronny tak sesuai dengan ciri-ciri pelaku.

"Keduanya dipasang untuk mengakhiri polemik kasus Novel yang tidak kunjung jelas," ucap Haris. (*)

 Sumber : Tempo.co /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 17 November 2019 - 01:13:12 WIB

    Haris Azhar ke Erick Thohir: Apa sih yang Dicari dari Ahok?

    Haris Azhar ke Erick Thohir: Apa sih yang Dicari dari Ahok? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri BUMN Erick Thohir disarankan kembali mengkaji wacana menunjuk mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi bos salah satu perusahaan pelat merah..
  • Sabtu, 16 November 2019 - 18:23:20 WIB

    Haris Azhar: Apa Ahok Punya Kapasitas Pimpin BUMN

    Haris Azhar: Apa Ahok Punya Kapasitas Pimpin BUMN JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dikabarkan akan menjabat komisaris utama PT Pertamina yang merupakan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN..
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 13:35:31 WIB

    BPN Prabowo Akan Ajukan Penangguhan Penahanan Eggi Sudjana dan Lieus Sungkharisma

    BPN Prabowo Akan Ajukan Penangguhan Penahanan Eggi Sudjana dan Lieus Sungkharisma JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, pihaknya akan mengajukan permohonan penangguhan penahanan terhadap tersa.
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 03:58:01 WIB

    Polri Hentikan Selidiki Haris Azhar

    JAKARTA, HALUAN — Badan Reserse Kriminal Polri menghentikan semen­tara penyelidikan terhadap Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Haris Azhar terkait dengan upaya mengumpulkan fakta m.
  • Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:20:19 WIB

    Haris Azhar: Saya Yakin Ada Kekuatan Publik

    JAKARTA, HALUAN —Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kon­tras), Haris Azhar mengatakan, tindakannya mempublikasi informasi dari Freddy Budi­man, bandar narkoba yang telah dieksekusi, merupa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]