Sebelum Akhir Musim Ini, FIFA Beri Izin untuk Bursa Transfer


Sabtu, 13 Juni 2020 - 12:20:13 WIB
Sebelum Akhir Musim Ini, FIFA Beri Izin untuk Bursa Transfer FIFA

HARIANHALUAN.COM - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) mengizinkan bursa transfer dibuka sebelum liga domestik musim 2019/2020 berakhir. Pembukaan jendela transfer lebih awal tersebut dilakukan karena kompetisi musim ini terganggu oleh pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 turut berimbas pada masalah transfer pemain. 

Salah satu masalah yang paling umum dihadapi adalah pemain yang kontraknya habis pada Juni nanti terancam tak memiliki klub. Dalam situasi normal, bursa transfer musim panas biasanya dibuka pada 1 Juli sampai 2 September. Namun, karena beberapa kompetisi baru dimulai kembali setelah ditangguhkan sementara, maka jadwal bursa transfer dipastikan berubah.

FIFA pun sudah memutuskan untuk mengizinkan bursa transfer musim panas dibuka sebelum kompetisi musim ini berakhir. Kemudian, mengizinkan pemain berseragam tiga klub berbeda dalam satu musim, dimana sebelumnya pemain hanya diperbolehkan membela maksimal dua tim dalam satu musim.

"Untuk menghindari kekhawatiran tentang pemain yang tidak memiliki klub, pemain diizinkan untuk terdaftar pada maksimal tiga klub dan memenuhi syarat untuk bermain dalam pertandingan resmi untuk tiga klub tersebut dalam musim yang sama. Asosiasi-asosiasi yang menggunakan dua periode kalender diizinkan untuk mendaftarkan pemain di periode pertama untuk musim 2020/2021 sebelum musim 2019/2020 selesai," demikian bunyi pernyataan FIFA. 

Sementara itu, di sejumlah liga top Eropa bursa transfer pun dilakukan dengan waktu yang berbeda-beda. Liga Italia mengumumkan bahwa jendela transfer akan dibuka pada 1 September hingga 5 Oktober 2020. Liga Inggris tidak akan membuka jendela transfer sebelum 25 Juli atau saat musim 2019-2020 berakhir dan Liga Spanyol akan membuka jendela transfer saat kompetisi selesai pada 20 Juli.

Setiap federasi berhak menentukan jadwal bursa transfer di liganya masing-masing. FIFA hanya mengeluarkan peraturan baru yang membolehkan mereka membuka jendela transfer lebih awal atau sebelum akhir musim 2019-2020. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]