Kira-kira Berapa ya Umur Bumi? Begini Caranya Menurut Ilmuwan


Sabtu, 13 Juni 2020 - 14:56:31 WIB
Kira-kira Berapa ya Umur Bumi? Begini Caranya Menurut Ilmuwan ilustrasi Bumi

HARIANHALUAN.COM - Jika selama ini manusia hanya mampu menebak-nebak umur Bumi, akhirnya ilmuwan berhasil mengungkap cara menghitung umur Bumi. Kira-kira berapa ya? Sebelumnya, umur Bumi dihitung oleh para ilmuwan dengan melihat perubahan permukaan laut atau waktu yang dibutuhkan Bumi atau Matahari untuk mendinginkan suhu, serta tingkat keasinan air laut.

Dengan cara satu ini, ilmuwan beberapa kali justru salah perhitungan karena alam setiap kali mengalami perubahan besar yang membuat tingkat akurasi umur Bumi menjadi diragukan. Mengutip Live Science, Cherry Lewis dari University of Bristol pada tahun 2012 menyebutkan bahwa umur Bumi diperkirakan mencapai beberapa ribu tahun. Umur ini jika melihat kisah-kisah di Alkitab.

Beberapa analisa terkait umur Bumi terus dilakukan secara berkala. Banyak metode dilakukan untuk menghitung umur Bumi ini. Cara lainnya untuk menghitung umur Bumi adalah dengan meneliti lempeng tektonik. Sayangnya metode ini juga tidak akurat, mengingat lempeng tektonik Bumi ini biasanya mengeluarkan batu yang berasal dari gletser ke dalam Bumi.

Melansir dari Space.com, akibat hal ini, batuan yang lama kemungkinan terganti dengan batuan yang baru hingga penghitungan umur Bumi terganggu. Baru pada awal abad ke-20, cara baru menghitung umur Bumi ditemukan oleh para ilmuwan. Cara tersebut adalah dengan melakukan penanggalan radiometrik yang biasanya digunakan untuk menghitung usia benda yang mengandung isotop radioaktif alami.

Dengan menghitung isotop radioaktif alami ini, para ilmuwan meneliti kuantitas awal unsur radioaktif dan mengenai berapa lama unsur ini ada sebelum akhirnya membusuk. Untuk meneliti unsur ini, para ilmuwan perlu menemukan batuan tua di muka Bumi yang sudah berusia miliaran tahun. 

Salah satu batuan yang digunakan untuk menghitung umur Bumi dengan unsur isotop radioaktif alami ini adalah batuan di Great Slace Lake. Namun, proses menghitung umur Bumi ini perlu dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Pasalnya, penelitian tersebut membutuhkan ketelitian dan detail data yang akurat untuk kemudian mendapat jawaban mengenai umur Bumi tempat manusia tinggal ini. (*)

 Sumber : HiTekno /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]