Gerindra Melenggang, Golkar dan PKS Siap-siap Berkoalisi


Sabtu, 13 Juni 2020 - 19:12:57 WIB
Gerindra Melenggang, Golkar dan PKS Siap-siap Berkoalisi Pengamat Komunikasi dan Politik Universitas Andalas (Unand), Najmuddin M Rasul.

HARIANHALUAN.COM - Provinsi Sumbar tengah bersiap menyambut tahapan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak akan dimulai bulan Juni 2020 ini. Pada pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu, ada koalisi tiga partai besar, yaitu Gerindra, Golkar, PKS. Namun esensi koalisi ini memberikan kepastian politik bagi para calon yang akan diusung.

Hal itu disampaikan Pengamat Komunikasi dan Politik Universitas Andalas (Unand), Najmuddin M Rasul saat dihubungi Harianhaluan.com, Sabtu (13/6/2020).

Melihat peta politik yang ada di Sumbar, Najmuddin berpendapat, dalam Pilgub Sumbar yang mempunyai kursi penuh untuk calon Gubernur adalah Gerindra. Artinya, hanya ada 1 (satu) partai yang mengusung sendiri pasangan calon Gubernur. Sementara yang lain harus berkoalisi.

"Bukan berarti Gerindra harus sendiri, tapi dia juga harus membuat koalisi dengan partai lain," ujar Najmuddin.

Najmuddin pun mencontohkan, PKS wajib berkoalisi dengan partai lain. Begitu juga partai Golkar. Sehingga akan terjadi polalisasi pasangan calon Gubernur nantinya. Pertama, calon independen Fakhrizal, mantan Kapolda Sumbar. Kedua, akan muncul 2 pasangan calon lainnya, yakni Gerindra induknya dan Golkar induknya.

"Jadi menurut saya akan ada tiga pasang yang akan bertarung di Pilgub Sumbar nanti," kata Najmuddin. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]