Masyarakat Sumbar Pilih Figur Ketimbang Partai, Calon Gubernur Mesti Tingkatkan Sosialisasi


Sabtu, 13 Juni 2020 - 19:56:54 WIB
Masyarakat Sumbar Pilih Figur Ketimbang Partai, Calon Gubernur Mesti Tingkatkan Sosialisasi Pengamat Komunikasi dan Politik Universitas Andalas (Unand), Najmuddin M Rasul.

HARIANHALUAN.COM - Pengamat Komunikasi dan Politik Universitas Andalas (Unand), Najmuddin M Rasul menilai pada Pikada 2020 masyarakat tidak lagi melihat partainya, namun adalah figur. Kemudian munculnya tokoh-tokoh muda yang salah satunya digadang-gadangkan berpasangan dengan Mahyeldi Ansharullah. Peluang sepert ini juga bisa dimiiliki oleh calon lain.

"Kini calon-calon itu bagaimana mereka melakukan komunikasi politik dengan masyarakat. Kemudian menampilkan tawaran-tawaran politik yang rasional, tawaran-tawaran politik yang terukur. Tentunya yang bisa dipertanggungjawabkan jika mereka terlebih jadi Gubernur," sebut Najmuddin, Sabtu (13/6/2020).

Najmuddin berpendapat bahwa saat ini masyarakat tidak bisa hanya dibayar dengan uang. Memang orang akan menerima bantuan lantaran pandemi Covid-19. Namun, mereka akan membaca niat calon Gubernur dan Wakil Gubernur membantu masyatakat tersebut untuk apa.

"Jadi pemilih Sumatera Barat adalah pemilih yang rasional. Bagi para individu yang ingin berpacu dalam Pilkada harus bisa melihat masyarakat Sumatera Barat merupakan pemilih rasional," saran Najmuddin.

Lebih lanjut, kata Doktor Komunikasi Politik jebolan Universitas Kebangsaan itu, masyarakat tidak akan mempan hanya diberi iming-iming dan janji-janji politik. Mungkin mereka akan terima hal tersebut, namun ketika Pilkada akan dihelat maka akan lain pula ceritanya.

"Para calon harus memetakan politik di Sumatera Barat. Berapa banyak anak muda yang melek dengan media sosial, berapa persentasenya. Artinya kalau calon tau peta politik maka akan mudah sosialisasi dengan pemilih. Seperti anak muda melalui Instagram," ciletuk Najmuddin.

Sedangkan untuk pemilih senior komunikasi politiknya dilakukan dengan face to face dan media mainstream. Ini pemtingnya peta politik yang dimiliki calon Gubernur. Dengan demikian barulah mereka membuat strategi politik untuk memenangkan Pilkada. Seperti menyusun strategi, agenda, dan sebagainya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]