Ingin Bahagia? Pelajari 4 Hormon Bahagia dan Cara Meningkatkannya


Sabtu, 13 Juni 2020 - 22:35:54 WIB
Ingin Bahagia? Pelajari 4 Hormon Bahagia dan Cara Meningkatkannya Ilustrasi bahagia

HARIANHALUAN.COM - Setiap bentuk emosi yang kita alami tidak terjadi begitu saja. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh reaksi kimia yang ada pada tubuh. Salah satunya saat merasa bahagia.

Perasaan bahagia itu sebenarnya dipengaruhi oleh hormon-hormon bahagia yang ada di dalam tubuh. Apa saja hormon bahagia tersebut? Yuk, kenali 4 hormon bahagia dan cara meningkatkannya di sini!

1. Hormon Serotonin

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan hormon yang satu ini. Hormon serotonin sering dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Hormon ini sangat berperan dalam mengatur suasana hati dan mencegah depresi. Tak hanya itu, hormon serotonin juga ikut berperan dalam membantu fungsi memori, mengatur nafsu makan, fungsi pencernaan, dan juga berperan dalam siklus tidur.

Untuk meningkatkan hormon serotonin, kamu dapat mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung tryptophan, seperti telur, susu, ikan salmon, udang, kacang dan biji-bijian. Selain itu, kamu juga dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dengan rutin berolahraga, berjemur di bawah sinar matahari pagi, dan memikirkan hal-hal yang membuat bahagia.

2. Hormon Endorfin

Hormon endorfin merupakan zat kimia seperti morfin yang diproduksi sendiri oleh tubuh secara alami. Hormon ini sendiri berperan dalam mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan positif. Selain dapat membantu mengurasi rasa sakit, hormon endorfin juga berperan dalam meredakan gejala depresi, kecemasan, dan stres.

Agar dapat meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh, kamu dapat mengonsumsi coklat dan makanan yang pedas. Selain melalui makanan, kamu juga dapat memicu hormon endorfin dengan berolahraga atau dengan melakukan berbagai aktivitas fisik lainnya.

3. Hormon Dopamin

Hormon dopamin merupakan salah satu senyawa otak yang berperan sebagai pengatur emosi, mempengaruhi sistem motorik, dan meningkatkan suasana hati. Kadar hormon dopamin dalam otak bisa naik turun. Untuk meningkatkan kadar hormon dopamin, kamu perlu mengonsumsi berbagai makanan yang kaya protein seperti telur, susu, ayam, daging sapi dan kacang-kacangan. Selain itu, kamu juga mendapatkan sinar matahari yang cukup, rutin berolahraga dan tidur yang cukup.

4. Hormon Oksitosin

Hormon oksitosin juga dikenal sebagai hormon cinta. Hormon ini muncul saat seseorang jatuh cinta dan memadu cinta. Tak hanya itu, hormon oksitosin juga berperan dalam mengurangi stres dan kecemasan, membantu proses persalinan, serta dapat menguatkan ikatan batin antara ibu dan anak. Cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hormon oksitosin adalah dengan menunjukkan rasa sayang kepada orang yang dicintai, berpelukan lebih lama, melakukan pijatan, dan kegiatan yang dapat memacu adrenalin.

Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]