Tandukan Erling Haaland saat Injury Time Menangkan Dortmund


Sabtu, 13 Juni 2020 - 23:09:20 WIB
Tandukan Erling Haaland saat Injury Time Menangkan Dortmund Borussia Dortmund menang 1-0 atas Duesseldorf lewat gol dramatis Erling Haaland

HARIANHALUAN.COM - Borussia Dortmund meraih kemenangan dramatis di markas Fortuna Duesseldorf dengan skor 1-0. Gol dibuat Erling Haaland di menit ke-94!

Pada laga yang dihelat di Merkur Spielarena, Sabtu (13/6/2020) malam WIB, Dortmund kesulitan mencetak gol meski tampil dominan dengan 63 persen ball possesion.

Selama 90 menit, Dortmund cuma membuat enam attempts, sama dengan Duesseldorf, dengan tiga on target. Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya hadir di menit ke-96 lewat Haaland.

Tambahan tiga poin membuat Dortmund kukuh di posisi kedua klasemen Bundesliga dengan 66 poin dari 31 laga, selisih empat angka dari Bayern Munich yang baru berlaga beberapa jam lagi menghadapi Borussia Moenchengladbach.

Duesseldorf masih ada di posisi ke-16 dengan 28 poin dan masih berjuang menghindari degradasi di tiga laga sisa.

Jalannya pertandingan

Dortmund sudah bisa membawa Erling Haaland tapi masih disimpan di bangku cadangan. Sementara itu, trio Thorgan Hazard, Jadon Sancho, dan Julian Brandt di lini serang.

Menyerang sejak menit awal, Dortmund punya peluang emas di menit ke-17 ketika Sancho mengirim bola ke sisi kanan dan Achraf Hakimi bebas di kotak penalti. Tinggal berhadapan dengan kiper, sepakan Hakimi masih bisa dibendung.

Pada menit ke-24, Brandt mendapat peluang untuk bikin gol. Lagi-lagi lini pertahanan tuan rumah bolong dan membuat kiper dalam situasi satu lawan satu dengan Brandt. Beruntung Andre Hoffman dengan cepat merebut bola dari kaki Brandt.

Brandt dan Sancho bermain umpan 1-2 di kotak penalti. Brandt menuntaskan dengan sepakan keras tapi kiper tuan rumah Florian Kastenmeier bisa menepisnya.

Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 tidak berubah. Masuk di babak kedua, Dortmund masih menguasai pertandingan tapi kali ini mereka kesulitan membuat peluang.

Yang ada Duesseldorf nyaris membuat gol di menit ke-64 saat lini pertahanan Dortmund lengah dalam penjagaan. Bola liar jatuh di kaki Marcel Sobottka namun sepakannya bisa diadang Roman Buerki.

Semenit setelahnya Dortmund melakukan serangan balik ketika dari sisi kanan Hakimi mengirim bola ke Hazard yang bermain umpan pendek dengan Haaland. Haaland menembak tapi bola membentur pemain dan jatuh di jalur tembak Raphael Guerreiro.

Pemain Portugal itu langsung melepaskan sepakan first time yang membobol jala Kastenmeier. Selebrasi cuma berlangsung singkat karena gol dianulir VAR setelah bola sempat mengenai tangan Guerreiro.

Duesseldorf mampu mengejutkan Dortmund ketika mampu membelah pertahanan lawan pada menit ke-82. Steven Skrzybski melepaskan sepakan yang mampu menaklukkan Buerki, tapi bola malah menerpa tiang.

Dortmund benar-benar dibuat frustrasi oleh Duesseldorf dan tak mampu menciptakan peluang bersih di 10 menit akhir. Sancho dan Haaland seperti mati kutu, sementara tuan rumah nyaris lagi bikin gol di menit ke-90, tapi sepakan voli Skrzybski masih melebar.

Laga tampaknya akan berakhir imbang sampai Haaland membuat Dortmund unggul 1-0 di menit ke-94! Manuel Akanji bebas melepas crossing dari sisi kiri dan disambut tandukan Haaland yang tak bisa dijangkau Kastenmeier.

Dortmund pulang dengan tiga poin dan menunda pesta juara Bayern sedikit lebih lama.

Susunan pemain

Fortuna Duesseldorf: Florian Kastenmeier; Andre Hoffmann, Kaan Ayhan, Niko Giebelmann; Marcel Sobottka (Alfredo Morales 81'); Matthias Zimmermann, Valon Berisha, Kenan Karaman (Rouwen Hennings 81'), Markus Suttner (Steven Skrzybski 76'); Erik Thommy (Jean Zimmer 83'), Kevin Stoger.

Borussia Dortmund: Roman Buerki; Lukasz Piszczek, Mats Hummels, Manuel Akanji; Achraf Hakimi, Axel Witsel (Erling Haaland 61'), Emre Can, Raphael Guerreiro; Julian Brandt, Thorgan Hazard (Giovani 74'), Jadon Sancho.

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]