BLT Dana Desa Sumbar Telah Disalurkan Sebesar 91%


Ahad, 14 Juni 2020 - 06:05:40 WIB
BLT Dana Desa Sumbar Telah Disalurkan Sebesar 91% Kadis PMD Sumbar, Syafrizal. Dok Gatra

HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, Syafrizal menyebutkan, bahwa capaian penyaluran BLT Dana Desa Sumbar 91,92 persen adalah hasil kerja keras semua pihak, terutama Wali Nagari bersama perangkatnya dan Tenaga Ahli Pendamping Profesional Dana Desa serta Pendamping Dana Desa di seluruh nagari.

"Tenaga ahli pendamping Dana Desa ini ada yang sampai tidak tidur-tidur demi percepatan penyaluran BLT Dana Desa ini," kata Syafrizal Ucok yang didampingi Korprov Pendamping Profesional Dana Desa, Feri Irawan, baru-baru ini.

Dengan capaian penyaluran BLT Dana Desa sebesar 91,92 persen ini, berarti sudah 853 nagari/desa yang sudah tuntas penyaluran BLT. Uang yang dikucurkan mencapai Rp92,8 miliar yang diterima oleh 129.223 Kepala Keluarga.

Sementara itu, Anggota DPD-RI, Alirman Sori memberikan apresiasi atas percepatan penyaluran BLT Dana Desa di Provinsi Sumbar, yang sudah mencapai 91,92 persen. Angka ini jauh di atas pencapaian rata-rata nasional yang baru 70 persen.

Menurut Alirman Sori, pola percepatan yang dilakukan Sumbar patut menjadi contoh nasional, yaitu kebersamaan seluruh elemen di nagari/desa. Dengan arahan dari Dinas PMD Provinsi dan Bupati/Walikota, para Wali Nagari mendapat dukungan dari Ninik Mamak, Ulama, Bundo Kandung dan Pemuda. 

"Pola baiyo batido yang merupakan kearifan lokal Minangkabau sangat membantu dalam Musyarawah Nagari Khusus, untuk menentukan penerima BLT Dana Desa serta mengecek supaya tidak terjadi penerimaan ganda. Peran ninik mamak yang tahu dengan anak kemenakannya, sangat membantu dalam percepatan pendataan sehingga berdampak pada percepatan penyaluran," kata Alirman Sori, senator asal Dapil Sumatera Barat. (*/Hms-Sumbar)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]