Tips Aman Belanja ke Pasar ala Jubir Cantik Satgas Covid-19


Ahad, 14 Juni 2020 - 06:22:11 WIB
Tips Aman Belanja ke Pasar ala Jubir Cantik Satgas Covid-19 Reisa Broto Asmoro (Foto: Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19)

HARIANHALUAN.COM - Saat ini pasar tradisional rentan menjadi tempat penularan virus Corona COVID-19. Banyaknya orang yang datang dari segala penjuru kota, membuat pasar penuh, sesak, hingga membuat virus dengan mudahnya menyebar tanpa kita sadari.

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro, mengatakan dengan keadaan yang ramai serta protokol kebersihan yang kurang membuat pasar menjadi tempat yang berisiko terjadinya penularan virus Corona.

"Banyaknya orang yang datang dari segala penjuru kota, seringkali menjadikan pasar penuh sesak. Kebersihan yang kurang terjaga, standar sanitasi dan higienis yang belum ketat membuat pasar menjadi tempat yang berisiko," ujarnya dalam konferensi pers yang disiarkan oleh BNPB, dikutip dari detik.com, (Minggu/6/2020).

dr Reisa pun memberikan beberapa tips untuk orang-orang yang akan pergi ke pasar, sebagai berikut:

Jika sakit, jangan pergi ke pasar ataupun ke luar rumah sama sekali.

Jika merasa sehat, praktikkan jaga jarak saat di pasar. Pakai masker dan selalu bawa cairan pencuci/pembersih tangan.

Jangan lupa untuk membawa tas belanja sendiri dari rumah. Pastikan tas belanja bersih dan steril dari kuman.

Saat sampai di rumah, dr Reisa pun mengingatkan untuk mempraktikkan protokol pencegahan dan perlindungan anggota rumah tangga, seperti:

Bersihkan semua bawaan yang dibawa dari pasar.

Semprot alas kaki dengan disinfektan atau air serta sabun.

Ganti baju dan segera mandi untuk membersihkan tubuh.

Cuci semua barang belanjaan yang dibawa dari pasar. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 Juli 2020 - 16:21:32 WIB

    Tips Menggoreng Tahu agar Tidak Keriput

    Tips Menggoreng Tahu agar Tidak Keriput HARIANHALUAN.COM - Tahu kerap menjadi solusi jika bingung membuat aneka masakan di rumah. Hal ini karena tahu bisa cocok disajikan sebagai menu utama atau camilan. Salah satu yang kerap menjadi camilan favorit adalah tah.
  • Selasa, 30 Juni 2020 - 06:32:57 WIB

    Tips Mudah Merawat Kaktus di Rumah untuk Pemula

    Tips Mudah Merawat Kaktus di Rumah untuk Pemula HARIANHALUAN.COM - Cara merawat kaktus bisa dipelajari. Kaktus dan sukulen termasuk dalam kelompok yang sama. Keduanya memiliki karakteristik yang dapat bertahan hidup di lingkungan yang panas. Agar dapat tumbuh dengan baik.
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 14:45:48 WIB

    Mau Traveling Pada Masa New Normal, Ikuti Tips Berikut

    Mau Traveling Pada Masa New Normal, Ikuti Tips Berikut HARIANHALUAN.COM - New Normal atau normal baru akan dan segera diterapkan, namun bagi para penyuka jalan-jalan harus tetap menjaga diri dan orang sekitar selama traveling..
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 19:15:49 WIB

    Tips Mengatur Dana Pensiun untuk Pekerja Lepas

    Tips Mengatur Dana Pensiun untuk Pekerja Lepas HARIANHALUAN.COM - Mengatur dana pensiun penting untuk dilakukan setiap orang menghadapi hari tua, termasuk pekerja lepas yang penghasilannya tak tentu besarannya setiap bulan..
  • Senin, 15 Juni 2020 - 10:50:51 WIB

    Tips Membersihkan Sisa-sisa Nasi yang Menempel di Mangkuk Rice Cooker

    Tips Membersihkan Sisa-sisa Nasi yang Menempel di Mangkuk Rice Cooker HARIANHALUAN.COM - Untuk ibu-ibu yang suka masak nasi, pasti ada hal menyebalkan ketika membersihkan rice cooker. Apalagi kalau bukan sisa-sisa nasi yang menempel di bagian dalam rice cooker, iya bukan?.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]