Balas Tantangan Iran, AS Kerahkan Jet Tempur Siluman


Ahad, 14 Juni 2020 - 08:10:36 WIB
Balas Tantangan Iran, AS Kerahkan Jet Tempur Siluman Jet tempur Amerika Serikat, F-35 Lightning II. Foto: FlightGlobal

HARIANHALUAN.COM - Peningkatan kekuatan Garda Revolusi Iran (IRGC) membuat Negeri Mullah kian percaya diri untuk menghadapi ancaman Amerika Serikat (AS). Sebagai jawaban atas semua tantangan Iran, Angkatan Udara AS (US Air Force) mengerahkan sejumlah jet tempur siluman F-35 Lightning II.

Dalam tiga bulan terakhir, IRGC terus memperkuat armada militernya di semua lini. Meski masih berada dalam belenggu sanksi embargo ekonomi AS, Iran di bawah komando Presiden Hassan Rouhani dan Pemimpin Tertinggi Revolusi, Ayatollah Khamenei, mampu menciptakan sejumlah unit artileri tempur.

Satelit militer pertama Iran, Noor, berhasil diluncurkan April lalu. Kemudian, Iran juga berhasil membuat pesawat tanpa awak (drone) tempur, dan bahkan drone bawah laut. 

Ratusan kapal perang cepat juga menambah kekuatan Angkatan Laut IRGC. Yang terakhir, Iran juga unjuk gigi saat memamerkan rudal balistik jarak menengah

Dalam laporan yang Military Times yang dikutip VIVA Militer, seorang perwira tinggi Angkatan Udara AS mengonfirmasi pengiriman jet tempur siluman F-35 Lightning II ke Pangkalan Udara Militer Al Dhafra, Uni Emirat Arab.

Pengerahan jet tempur ini adalah bagian dari dukungan misi Komando Pusat Angkatan Udara Amerika Serikat (USAFCENT), di wilayah Timur Tengah.

"Skuadron Tempur 421 berangkat Hill AFB (Pangkalan Udara Hill) ke Pangkalan Udara Al Dhafra, Uni Emirat Arab, untuk mendukung misi Komando Pusat Angkatan Udara Amerika Serikat di kawasan itu," ucap perwira tinggi Angkatan Udara AS.

Pengerahan sejumlah unit jet tempur siluman F-35 Lightning II ke Timur Tengah kali ini adalah yang ketiga kali dalam 12 bulan terakhir. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]