Seekor Harimau Sumatera Berhasil Ditangkap, Dua Lainnya Masih Berkeliaran


Ahad, 14 Juni 2020 - 14:58:40 WIB
Seekor Harimau Sumatera Berhasil Ditangkap, Dua Lainnya Masih Berkeliaran Seekor harimau diduga masih anaknya terperangkap kerangkeng di Solok

HARIANHALUAN.COM - Hingga kini, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan pihak terkait masih melakukan pencarian terhadap dua dari tiga ekor Harimau Sumatera yang diduga masih berkeliaran di kawasan Solok.

Sementara satu ekor harimau yang merupakan hewan yang dilindungi itu sudah tertangkap dikawasan Rimbo Cimoneang, Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar).

"Harimau yang sudah terperangkap, berdasarkan informasi tim dokter hewan adalah berjenis kelamin betina dengan umur berkisar 1,5 tahun," ujar Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Solok Afrilius, Minggu (14/6/2020).

Ditambahkannya, kemudian harimau yang diamankan itu diduga merupakan masih anaknya dan dua ekor harimau lainnya masih dilakukan pencarian dan penelusuran ke berbagai kawasan di Solok untuk dievakuasi supaya tidak menimbulkan kecemasan bagi warga setempat.

"Kita masih lakukan mencarian terhadap dua ekor lainnya. Sedangkan harimau yang sudah tertangkap, telah kita bawa ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PRHSD)," tukasnya.

Diketahui, pada Kamis (11/6/2020) harimau tersebut menerkam dan memakan babi hutan yang beratnya sekitar 20 kilogram di bawah pohon cengkeh warga yang dijadikan sebagai umpan. Namun, hingga Jumat (12/6/2020) harimau tidak juga masuk perangkap.

Kemudian pada Sabtu (13/6/2020) pagi, kembali dilakukan pengecekan dan ternyata perangkap masih temui dalam keadaan kosong. Namun pada siang harinya, sekitar pukul 11.00 WIB, kembali dicek dan ternyata harimau sudah masuk perangkap. 

Pihaknya pun langsung memberitahukan kepada Kepala Seksi Wilayah III dan Kepala Balai KSDA Sumbar dan, menyiapkan segala keperluan dengan berkoordinasi dengan tenaga medis hewan serta pihak keamanan di Polres Solok. (*)

 

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]