Bermodal Barcode Baju, Pasangan Pembuang Bayi di Bukittinggi Ditangkap


Senin, 15 Juni 2020 - 00:08:38 WIB
Bermodal Barcode Baju, Pasangan Pembuang Bayi di Bukittinggi Ditangkap ilustrasi bayi

HARIANHALUAN.COM - Setelah dilakukan pencarian, tim Opsnal Polres Bukittinggi akhirnya berhasil menemukan orang tua pembuang bayi pada Sabtu (13/6/2020) kemarin. Diduga, bayi malang itu sengaja ditelantarkan oleh kedua orangtuanya karena merupakan hasil hubungan gelap antara mereka.

Usut punya usut, orang tua sang bayi ternyata masih dibawah umur. Saat kedua tersangka membuang bayi, mereka menggunakan modus berpura-pura menemukan bayi dan menyerahkan kepada warga. "Penangkapan berawal dari hasil penyelidikan Opsnal Polsek Kota Bukittinggi. Terungkap nama ayah bayi yakni inisial A (17) dan ibunya L (21)," ujar Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso kepada wartawan.

Ditambahkannya, setelah keduanya diamankan, selanjutnya diserahkan ke penyidik unit PPA (Perlindungan Perempuan Anak) Sat Reskrim Polres Bukittinggi, untuk dilakukan pemeriksaan. "Bayi tidak berdosa tersebut merupakan hasil hubungan di luar nikah. Mereka ini takut diketahui oleh orangtua masing-masing dan malu punya anak dari hubungan di luar nikah. Akhirnya tega menelantarkan bayi ini," terangnya.

Diketahui, penangkapan terhadap keduanya berdasarkan atas penyelidikan yang bermodalkan dari barcode yang ada di baju salah seorang tersangka pada salah satu toko baju anak-anak di Bukittinggi. Dimana, baju tersebut diletakkan di dalam kardus tempat bayi tersebut diserahkan kepada masyarakat.

Atas perbuatannya, A diancam hukuman selama lima tahun penjara, sebagaimana diatur dalam pasal 77 Jo 76 b UU No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak Jo Pasal 305 KUH Pidana Jo UU 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Anak. Sedangkan, ibu sang bayi yakni L diancam telah melanggar pasal pasal 77 Jo 76 b UU No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak Jo Pasal 305 KUH Pidana Jo Pasal 55 dan 56 KUH Pidana dengan ancaman yang sama. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]